Loading
Teknik Tangkisan dalam Pencak Silat, Wajib Kamu Kuasai

Teknik Tangkisan dalam Pencak Silat, Wajib Kamu Kuasai

Teknik Tangkisan dalam Pencak Silat, Wajib Kamu Kuasai

PENCAKSILAT.TV – Saat belajar Pencak Silat salah satu teknik yang wajib kamu kuasai adalah teknik belaan. Belaan adalah upaya untuk menggagalkan serangan dengan tangkisan atau hindaran. Belaan terbagi dua, yakni tangkisan dan hindaran.

Tangkisan adalah suatu teknik belaan untuk menggagalkan serangan lawan dengan melakukan tindakan menahan serangan lawan dengan tangan, kaki, dan tubuh.

Dalam pencak silat, tangkisan merupakan teknik pertahanan yang digunakan untuk melindungi diri dari serangan lawan. Tangkisan bertujuan untuk memblokir serangan lawan dengan menggunakan lengan, tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya secara efektif. Berikut ini adalah jenis-jenis tangkisa yang wajib kamu pelajari.

Tangkisan tepis, tangkisan yangmenggunakan satu atau kedua
telapak tangan terbuka dengankenaannya telapak tangan dalam,
arah gerakan dari dalam ke luar dan atas ke bawah.

Tangkisan kelit, tangkisan yang menggunakan satu lengan dengan telapak tangan terbuka yang kenaannya telapak tangan luar dan arah gerakan dari dalam ke luar atau sebaliknya

Tangkisan gedik, tangkisan yang menggunakan satu lengan dengan tangan mengepal yang kenaannya lengan bawah dalam dengan lintasan dari atas ke bawah

Tangkisan jepit atas, tangkisan yang menggunakan kedua lengan yang menyilang dengan kenaannya sudut persilangan lengan, arahnya dari atas ke bawah dan sebaliknya.

Tangkisan siku, tangkisan yang menggunakan siku, dengan lintasan dari luar ke dalam.

Tangkisan sangga, tangkisan yang menggunakan satu lengan yang membentuk siku-siku dengan kenaannya lengan bawah luar dan gerakannya dari bawah ke atas, dengan posisi tangan mengepal.

Tangkisan potong, tangkisan yang menggunakan satu tangan dan lengan digerakkan ke samping bawah seperti gerakan memotong dengan kenaannya lengan bawah luar, dengan posisi tangan terbuka

Tangkisan kibas, tangkisan yang menggunakan kaki dan tungkai yang dikibaskan ke atau dari samping dengan kenaannya telapak kaki.

Tangkisan galang, tangkisan yang menggunakan lengan bawah dalam yang tegak lurus dengan tangan mengepal yang digerakkan ke samping dari luar ke dalam dan daridalam ke luar.

Tangkisan kepruk, tangkisan yang menggunakan kedua tangan mengepal dan lengan berbentuk siku-siku yang digerakkan ke bawah dengan kenaannya punggung kepalan tangan.

Itulah tadi macam-macam Teknik Tangkisan dalam Pencak Silat, Wajib Kamu Kuasai. Selamat mencoba. (*)

Top