Loading
Sejarah Singkat PPSI

Sejarah Singkat Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI)

PENCAKSILAT.TV-Sejarah Singkat Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI).

Indonesia adalah negara yang terkenal dengan seni budaya, salah satu seni yang populer hingga mendunia adalah Seni Beladiri atau akrab disapa dengan sebutan Pencak Silat.

Pencak Silat adalah salah satu Seni beladri yang menjadi warisan dari para nenekmoyang, ia menjadi salah satu organisasi  dan perguruan yang mampu mempersatukan banyak rakyat untuk menggapai suatu persatuan dan kesatuan.

Pada artikel kali ini, sobat Pencak Silat Tv akan menjelaskan sejarah singkat Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI).

Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) didirikan pada tanggal 17 Agustus 1957 di Bandung, Jawa Barat, dengan Kolonel R.A. Kosasih sebagai ketua pertamanya.

Organisasi ini didirikan untuk memperkuat komunitas Pencak Silat dalam menghadapi pemberontakan DI/TII di Jawa Barat, Jakarta, Jawa Tengah bagian Barat, dan Yogyakarta.

PPSI fokus lebih pada aspek seni pertunjukan Pencak Silat, sementara Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) lebih menekankan pengembangan olahraga. PPSI memiliki sepuluh perguruan anggota, termasuk Tapak Suci, KPS Nusantara, dan Kelatnas Perisai Diri.

Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) adalah dua organisasi Pencak Silat di Indonesia. IPSI didirikan pada tanggal 18 Mei 1948 di Surakarta, Jawa Tengah, dengan fokus pada pengembangan olahraga Pencak Silat.

Perbedaan antara PPSI dan ikatan pencak silat indonesia (ipsi) adalah PPSI didirikan pada tanggal 17 Agustus 1957 di Bandung, Jawa Barat, dengan fokus pada aspek seni pertunjukan Pencak Silat. PPSI memiliki sepuluh perguruan anggota, termasuk Tapak Suci, KPS Nusantara, Kelatnas Perisai Diri, Phasadja Mataram, Perpi Harimurti, Perisai Putih, Putera Betawi, Persaudaraan Setia Hati, Persaudaraan Setia Hati Terate, dan Persatuan Pencak Seluruh Indonesia.

Kemudian salah satu tujuan utama dalam dibentuknya Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) adalah untuk memperkuat komunitas Pencak Silat dalam menghadapi pemberontakan DI/TII di Jawa Barat, Jakarta, Jawa Tengah bagian Barat, dan Yogyakarta. PPSI juga memiliki beberapa kegiatan lain, seperti:

  1. Menggalang kekuatan jajaran Pencak Silat: PPSI didirikan untuk menggalang kekuatan jajaran Pencak Silat dalam menghadapi pemberontakan DI/TII yang terjadi pada saat itu.

  2. Mengendalikan Pencak Silat: PPSI mengendalikan Pencak Silat melalui mengatur pertunjukan dan menyelenggarakan kegiatan pencak silat.
  3. Mengembangkan seni pertunjukan: PPSI lebih fokus pada aspek seni pertunjukan Pencak Silat, sementara IPSI lebih menekankan pengembangan olahraga.

Dalam perkembangannya sekitar tahun 1970-an, PPSI terus berkembang sebagai organisasi pembinaan pencak silat tradisional yang menentang sistem pertandingan menggabungkan diri dengan IPSI, yang pada saat itu mengembangkan pencak silat pada aspek olahraga.

Demikian Sejarah Singkat Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI). MAR (*)

Top