Loading
Sejarah Hokhasito Silat Garuda Putih Jember Jawa Timur

Sejarah Hokhasito Silat Garuda Putih Jember Jawa Timur

PENCAKSILAT.TV-Sejarah Hokhasito Silat Garuda Putih Jember Jawa Timur.

Hokhasito Silat Garuda Putih adalah sebuah perguruan seni bela diri pencak silat yang didirikan oleh Bapak Edy Sumarto pada tahun 1972 di daerah Jember, Jawa Timur, Indonesia. Perguruan ini telah berdiri selama lebih dari 40 tahun dan memiliki sejarah yang panjang dalam pengembangan seni bela diri pencak silat di Indonesia. Perguruan ini telah berdiri selama lebih dari 40 tahun dan memiliki sejarah yang panjang dalam pengembangan seni bela diri pencak silat di Indonesia.

Ada beberapa tingkatan di dalam perguruan hokhasito silat garuda putih. untuk bisa mencapai suatu tingkatan tertentu harus melewati berbagai tingkatan pelatihan.

TINGKATAN-TINGKATAN SABUK HOKHASITO SILAT GARUDA PUTIH.

  1. PUTIH.
  2. BIRU.
  3. HIJAU.
  4. KUNING.
  5. MERAH (warga)
  6. COKLAT (warga khusus)

untuk bisa menjadi warga atau tingkatan terakhir harus melewati berbagai ujian atau test dengan menyelesaikan beberapa tingkatan jurus dan fisik.

HOKHASITO SILAT ” GARUDA PUTIH ” adalah suatu perguruan seni bela diri pencak silat yang berada di daerah jember.yang didirikan oleh bapak EDY SUMARTO(anggota TNI).perguruan pencak silat garuda putih berdiri sejak tahun 1972.

Awal berdirinya ”GARUDA PUTIH” mempunyai sejarah yang cukup panjang. Sejak pertama berdiri anggota/siswa GARUDA PUTIH cukup banyak bersekitaran 150 anggota. Seiring berjalanya waktu GARUDA PUTIH mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dengan bertambahnya anggota dan melahirkan  banyak pendekar.

Guru besar ” GARUDA PUTIH ” melahirkan pendekar yang mempunyai sifat terpuji bukanlah sifat bathil atau kejelekan.
Mendidik menusia untuk lebih bertaqwa kepada tuhan.dan menghormati orang tua.

Garuda Putih memang turunan keluarga, dari kakek buyut. Hingga saya merupakan generasi keempat dan masih dipercaya sebagai pimpinan. Sejak di bangku SD diwajibkan ikut latihan secara rutin dan ditarget harus menyelesaikan satu jurus dalam beberapa hari saja. Tak ayal, hingga kini lebih dari 50 jurus sudah terkuasai di luar kepala,” kata pria bertubuh tinggi itu.

Pencak Silat Tradisional Garuda Putih sudah ada sejak tahun 1940 namun baru terdata oleh Pemerintah pada tahun 2013, papar Syaifulloh. Nama Garuda Putih bukan tanpa arti, kata Garuda melambangkan burung yang mencerminkan bangsa Indonesia yang besar dan kuat sedangkan Putih berarti kesucian hati dan adab yang wajib disandang oleh setiap anggota.

Demikian Sejarah Hokhasito Silat Garuda Putih Jember Jawa Timur. MAR (*)

Top