Loading
kiai muda dukung pencak silat

Kiai Muda Pendukung Ganjar Punya Cara Agar Anak Muda Minati Pencak Silat

Kiai Muda Jawa Timur (Jatim) menggelar festival pencak silat pada Sabtu, 24 Desember. Para kiai muda pendukung sosok Ganjar Pranowo ini, menghelat kegiatan tersebut di Pondok Pesantren Wisma Wisnu di Desa Jerukgulung, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur dengan menggandeng komunitas pencak silat di kabupaten Madiun. 

Koordinator daerah Kiai Muda Madiun, Choirul Saifulloh Anwar menjelaskan, para peserta festival pencak silat ini berasal dari berbagai perguruan silat se-Madiun. Mulai dari perguruan Marpati Putih, Cempak Putih, hingga perguruan Pagar Nusa.

Choirul menjelaskan, latar belakang Kiai Muda Jatim menggelar festival ini adalah kurangnya minat generasi muda untuk menggeluti seni bela diri silat. Banyak anak muda saat ini, disebut Choirul, telah terbawa arus globalisasi yang membuat mereka lebih tertarik menghabiskan waktu bermain gadget. 

Dia berharap, kegiatan ini bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak muda di Madiun untuk bisa terlibat dalam pelestarian kesenian pencak silat.

“Kami ingin semua generasi pencak silat, ingin bahu membahu melestarikan pencak silat. Jangan sampai terbawa arus digitalisasi, yang saat ini sudah mewabah. Semua asik dengan game online. Kami ingin semua generasi terus melestarikan budaya pencak silat,” ucap Choirul.

Adapun dalam festival ini, Kiai Muda Jatim juga menggelar kegiatan lainnya seperti selawat bersama dan pertunjukan tarian sufi. Melibatkan para santri, kiai, dan ulama dari berbagai daerah di Madiun, Kiai Muda Jatim juga melakukan doa bersama untuk Bangsa Indonesia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top