Loading
Ingin Belajar Pencak Silat, Pahami Dulu Ini 7 Tujuan Bela Diri Tradisional Indonesia

Ingin Belajar Pencak Silat, Pahami Dulu Ini 7 Tujuan Bela Diri Tradisional Indonesia

PENCAKSILAT.TV – Ingin Belajar Pencak Silat, Pahami Dulu Ini 7 Tujuan Bela Diri Tradisional Indonesia. Pencak silat merupakan seni bela diri yang mempunyai tujuan beragam diantara sebagai berikut.

Pertama, Pengembangan Pendidikan Mental-Spiritual. Pencak silat memiliki tujuan untuk pengembangan pendidikan mental-spiritual. Melalui tujuan tersebut maka pencak silat berfokus untuk mewujudkan budi pekerti luhur untuk setiap individu yang berlatih pencak silat itu sendiri.

Selain itu pencak silat juga mengajarkan individu untuk selalu mengenal dirinya sendiri sebagai makhluk yang percaya terhadap adanya Tuhan Yang Maha Esa.

Oleh karena itu pencak silat bukan hanya melatih mental saja namun juga berkaitan dengan spiritual seseorang mulai dari watak luhur, kepribadian, karakter, sikap ksatria, percaya diri, serta takwa terhadap Tuhan yang Maha Esa.

Kedua, Pengembangan Aspek Bela Diri. Pencak silat bertujuan pula untuk pengembangan aspek bela diri yang mana didalamnya berkaitan dengan pengembangan keterampilan, sikap, kepribadian, serta rasa kebangsaan. Dari berbagai aspek tersebut memang diperlukan ilmu bela diri pencak silat agar para pengikutnya bisa membentuk dirinya sebagai manusia secara utuh baik jasmani dan rohani.

Pengembangan aspek bela diri ini bisa meliputi berbagai hal antara lain meningkatkan efektifitas serta keterampilan dalam hal bela diri untuk menjaga keselamatan serta harga diri baik bagi para pengikutnya, meningkatkan sikap tanggap, cermat, serta peka dalam menanggapi berbagai hal yang sedang dihadapi dan lain sebagainya.

Ketiga, Pengembangan Olahraga. Pencak silat pada dasarnya memang berkaitan dengan ruang lingkup pendidikan olahraga. Maka dari itu pencak silat juga dianggap sebagai pengembangan olahraga dimana gerakan -gerakan efektif pencak silat bertujuan juga untuk mengembangkan kesehatan jasmani maupun rohani.

Latihan pencak silat bermaksud pula untuk mendayagunakan otot-otot tubuh sehingga kesehatan dan kekuatan bisa lebih terjaga dengan baik. Pengembangan olahraga dalam pencak silat ini meliputi beberapa hal yaitu meningkatkan sifat sportivitas bagi para pengikutnya dan memberikan semangat yang lebih tinggi untuk selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap stabil dan kuat.

Keempat, Pengembangan Seni. Pencak silat sebagai pengembangan seni maksudya yaitu untuk meningkatkan nilai-nilai kebudayaan yang ada dalam suatu daerah. Pengembangan seni ini juga bertujuan untuk pengembangan keterampilan dalam gerak yang serasi, unik, serta menarik atas dasar rasa cintanya pada budaya bangsa.

Selain itu pengembagan seni juga memuat beberapa hal antara lain seperti mengurangi pengaruh budaya asing berdampak negatif, mendorong sikap individu untuk memfilter segala budaya dari luar dan berfungsi untuk melakukan pembangunan budaya suatu bangsa.

Kelima, Membentuk jiwa ksatria. Jiwa ksatria adalah jiwa keberanian yang tinggi untuk menghadapi berbagai kondisi. Pencak silat ini juga bisa membantu individu melakukan pembentukan karakter seseorang agar terjadinya mental yang kuat sehingga individu juga bisa menjadi seseorang yang berjiwa ksatria.

Melalui pencak silat ini seseorang bisa memahami apa tujuan dari pencak silat yang sebenarnya sehingga menjadi orang yang suka menolong dan berjiwa baik serta mampu menempatkan dirinya pada posisi yang benar.

Keenam, Pengembangan Pendidikan. Pencak silat bertujuan pula untuk pengembangan pendidikan yang meliputi berbagai hal antara lain meningkatkan pengetahuan yang lebih dalam. Peningkatan pengetahuan ini berupa ilmu-ilmu baru dalam dunia persilatan mulai dari gerakan dan ilmu lain yang ada didalamnya.

Sehingga pengembangan pendidikan disini bermaksud untuk melakukan pembentukan sikap yang lebih positif dan efektif sekaligus sebagai bentuk upaya penyesuaian terhadap lingkungan sekitarnya.

Ketujuh, Wadah penyaluran hobi. Tujuan pencak silat yang berikutnya yaitu wadah penyaluran hobi. Ada beberapa orang yang pada dasarnya sudah menyukai seni bela diri, maka dari itu dengan adanya organisasi pencak silat ini bisa membantu anda untuk menyalurkan hobi secara langsung.

Karena itulah, pencak silat bisa dijadikan sebagai salah satu wadah untuk menyalurkan hobinya yang nantinya berbentuk komunitas dan akan diadakan sebuah acara kumpul minimal sebulan sekali.

Demikian tadi artikel tentang Ingin Belajar Pencak Silat, Pahami Dulu Ini 7 Tujuan Bela Diri Tradisional Indonesia. Semoga bermanfaat. (*)

Top