Loading
Seni Bela Diri dalam Pencak Silat

Seni Bela Diri dalam Pencak Silat

Seni Bela Diri dalam Pencak Silat

PENCAKSILAT.TVPencak Silat adalah seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Seni bela diri ini melibatkan gerakan-gerakan bertarung yang kompleks dan beragam, serta memiliki aspek-aspek budaya dan spiritual yang kuat. Pencak Silat terdiri dari berbagai aliran dan gaya yang berbeda-beda. Setiap aliran atau gaya memiliki teknik, gerakan, dan filosofi yang khas.

Seni adalah segenap kegiatan budi pikiran seseorang (seniman) yang secara mahir menciptakan sesuatu karya sebagai pengungkapan perasaan manusia. Hasil ciptaan dari kegiatan itu ialah suatu kebulatan organis dalam sesuatu bentuk tertentu dari unsur-unsur bersifai ekspresif yang termuat dalam suatu medium indrawi. The Liang Gie (1996), menjelaskan ciri-ciri pokok seni tersebut adalah:

Pertama, Seni bersifat kreatif: menciptakan sesuatu realitas baru.

Kedua, Seni bercorak individualitas, terikat pada perseorangan tertentu dalam penciptaan maupun penikmatannya.

Ketiga, Seni sebagai ‘ekspresif’: menyangkut perasaan manusia dan karena itu penilaianya juga harus memakai ukuran perasaan estetis.

Keempat, Seni adalah abadi: dapat hidup sepanjang masa. Seni bersifat semesta: berkembang di seluruh dunia dan sepanjang wakiu. Seni pada prinsipnya tumbuh dari perbuatan budi manusia untuk mencipiakan sualu yang indah.

Selain seni merupakan ungkapan dari batin manusia untuk menyalurkan hasrat batinnya yang terpendam kepada orang atau benda yang ada diluar dirinya sendiri, seni juga mempunyai peran dalam kehidupan manusia untuk mengadakan kontak yang lebih tinggi dari pada manusia yaltu dengan yang transendental.

Manusia menciptakan seni sebagai bukti beribadah kepada Tuhan. Seni merupakan hal yang berkaitan dengan ketaatan manusia kepada Yang Maha Kuasa. Dick Hartoko menjelaskan seni mbrupakan suatu inspirasi, sedang kehidupan adalah suatu kenyataan. lnspirasi artistik konsepsi dan ekspresi banyak tergantung pada situasi kondisi kehidupan, tetapi gayagaya kehidupan sering dibentuk oleh cita-cita artistik, oleh inspirasi puitis atau religius.

Ragam dan corak seni yang dikenal di dunia dewasa ini cukup banyak. Hal tersebut d ilatarbelaka ngi oleh perkembangan teknologi yang ternyata membawa dampak pada pertambahan ragam seni.

Di antara ragam seni itu adalah; seni drama, seni patung, seni tari, seni musik, seni rupa dan lain-lainnya. Terkaitan dengan istilah “Pencak silat seni”, kata “seni” berarti indah dan pencak silat seni berarti pencak silat indah. Sedangkan dalam konteks i;tilah “seni pencak silat”, kata “seni” berarti kecakapan, ketrampilan, dan kemahiran teknis dan taktis yang tinggi dalam melaksanakan pencak silat.

Pencak Silat juga melibatkan nilai-nilai budaya dan spiritual. Praktisi Pencak Silat diberikan pelatihan dalam hal etika, disiplin, pengendalian diri, dan pengembangan spiritual. Pencak Silat telah berkembang menjadi olahraga kompetitif yang populer di Indonesia dan diakui secara internasional. Kejuaraan Pencak Silat diadakan di tingkat nasional, regional, dan internasional, dan atlet Pencak Silat Indonesia telah meraih banyak prestasi di kancah olahraga internasional. ALS (*)

Top