Loading
Teknik Arah 8 Pejuru Mata Angin dalam Pencak Silat

Teknik Arah 8 Pejuru Mata Angin dalam Pencak Silat

PENCAKSILAT.TV – Teknik Arah 8 Pejuru Mata Angin dalam Pencak Silat. Gerak dasar pencak silat adalah gerak yang mendasari pesilat setelah menguasai sikap dasar untuk melakukan gerak dinamis yaitu arah delapan penjuru mata angin, langkah, dan pola langkah.

Gerak dasar merupakan modal pesilat untuk melakukan penyerangan ataupun pembelaan. Untuk menguasai gerak dasar tersebut, diperlukan pemahaman tentang 8 arah delapan penjuru mata angin, cara melangkah.

Arah 8 penjuru mata angin dan cara melangkah terkait dengan penempatan posisi kaki dan upaya mengelak atau menghindari lawan. Dengan penguasaan 8 penjuru mata angin dan cara melangkah akan mempermudah dalam menghadapi lawan.

Variasi melangkah membuat bentuk atau posisi baru meliputi unsur-unsur gerak dasar sebagai berikut: Pertama, Arah delapan penjuru mata angin. Kedua, Cara melangkah, dan Ketiga, Pola langkah.

Arah Delapan Penjuru Mata Angin (A 8 MA). Arah yang harus dipahami adalah arah delapan penjuru mata angin, dalam pengertian gerak. Januarno (1989: 69) membagi arah 8 penjuru mata angin dengan hitungan sebagai berikut: hitungan 1 arah belakang, hitungan 2 arah serong kiri belakang, hitungan 3 arah samping kiri, hitungan 4 arah serong kiri depan, hitungan 5 arah ke depan, hitungan 6 arah serong kanan depan, hitungan 7 arah samping kanan, hitungan 8 arah serong kanan belakang.

Sebagai latihan dasar dimulai dari sikap kuda-kuda depan, bergerak dari arah 1 (belakang), kemudian ke arah 2 serong kiri belakang dan seterusnya sampai arah 8 serong kanan belakang. Latihan dapat dilakukan berputar menurut arah jarum jam. Selanjutnya dapat dilakukan dengan sikap pasang dan diberi variasi pembelaan (tangkisan, elakan hindaran, dan tangkapan).

Cara Melangkah. Langkah adalah teknik gerak memindahkan atau mengubah posisi mendekati atau menjauhi lawan guna mendapatkan posisi yang lebih baik atau menguntungkan (favourable). Ada 5 cara dalam melakukan langkah, yaitu: (a) angkatan, (b) geseran, (c) putaran, (d) lompatan/ loncatan, (e) ingsutan.

  1. Langkah angkatan, adalah cara langkah untuk berpindah atau mengubah posisi yang dilakukan dengan mengangkat kaki. Langkah tersebut dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu: (1) angkatan tinggi paha datar, lutut siku-siku dengan kaki, (2) angkatan rendah kira-kira lutut bersudut 30 derajad.
  2. Langkah geseran, adalah cara langkah untuk berpindah atau mengubah posisi yang dilakukan dengan menggeser kaki.
  3. Langkah putaran, adalah cara langkah untuk berpindah atau mengubah posisi yang dilakukan dengan memutar kaki.
  4. Langkah lompatan atau langkah loncatan adalah cara langkah untuk berpindah atau mengubah posisi yang dilakukan dengan melompat atau meloncat kaki.
  5. Langkah ingsutan atau langkah seseran, adalah cara melangkah untuk berpindah atau mengubah posisi yang dilakukan dengan mengingsut atau menyeser kaki. Cara melangkah ingsutan dengan gerakan tumit atau tanpa mengangkat telapak kaki dari lantai.

Fungsi Langkah. Langkah adalah injakan kaki dari satu tempat ke tempat lain. Pentingnya langkah dalam pencak silat menurut Atok Iskandar (1992: 105) adalah sebagai berikut:

  1. Dasar tumpuan berdiri dengan kuat dan tangguh.
  2. Dasar untuk tumpuan bila melakukan pembelaan dan serangan.
  3. Dasar untuk mencari posisi yang menguntungkan.

Itulah tadi Teknik Arah 8 Pejuru Mata Angin dalam Pencak Silat. Semoga bermanfaat. (*)

Top