Loading
Tradisi Merpati Putih 2023: Ajang Silaturrahmi, Napak Tilas Jejak Guru Besar dan Pelesatarian Sejarah Keilmuan

Tradisi Merpati Putih 2023: Ajang Silaturahmi, Napak Tilas Jejak Guru Besar dan Pelesatarian Sejarah Keilmuan

Tradisi Merpati Putih 2023: Ajang Silaturahmi, Napak Tilas Jejak Guru Besar dan Pelesatarian Sejarah Keilmuan

PENCAKSILAT.TV – Perguruan Pencak Silat Bela Diri Tangan Kosong (PPS BETAKO) Merpati Putih laksanakan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Nasional di Pantai Parang Kusumo Yogyakarta mulai tanggal 27-30 Juli 2023.

Dalam rangkaian UKT Nasional tersebut PPS Betako Merpati Putih juga menggelar Tradisi. Tradisi merupakan adat kebiasaan yang dilakukan dalam setahun sekali yang diikuti oleh perwakilan cabang Merpati Putih baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Tradisi, event tahunan Merpati Putih pelaksanaanya di pusatkan di Pantai Parangkusumo Yogyakarta dalam bulan Suro. Tradisi Merpati Putih juga merupakan ajang untuk penyeragaman keilmuan, dan juga napak tilas jejak para Guru Besar Merpati Putih dan pelestarian sejarah keilmuan Merpati Putih.

Rangkaian acara Tradisi PPS Betako Merpati Putih dilaksanakan pada Jum’at, 28 Juli – Minggu, 30 Juli 2023.

Pada Sabtu (29/07/2023) pagi, peserta Tradisi akan melakukan tabur bunga di Kali Opak. Setelah tabur bunga akan dilanjutkan berziarah ke Makam Sang Guru dan Guru Besar di Ngulakan, Hargorejo, Kec. Kokap, Kabupaten Kulon Progo, D.I. Yogyakarta.

Setelah berziarah di makam Sang Guru dan Guru Besar, peserta Tradisi Merpati Putih akan melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan seperti Jamasan, menghantar matahari terbenam dan menjemput matahari tebit, renungan malam, meminum air persatuan dari 7 sumber mata air, pemaparan materi dan latihan bersama para Guru, dan juga akan ada penambipan seni kolosal sebelum penutupan.

Sebagaimana dikutip dari akun Instagram resmi Tradisi Merpati Putih @mp.tradisi ada beberapa tujuan mulia dalam pelaksanaan Tradisi Merpati Putih yang dilakukan tiap setahun sekali, diantaranya adalah sebagai berikut:

Pertama, Napak tilas perjuangan Sang Guru dalam mewariskan ilmu Perguruan sehingga menumbuhkan kesadaran pada diri setiap anggota PPS Betako Merpati Putih untuk bersungguh-sungguh dalam menggali & menimba ilmu Merpati Putih.

Kedua, Menumbuh kembangkan rasa memiliki Perguruan sehingga melahirkan penerus-penerus Perguruan yang bertanggung jawab dan berdedikasi tinggi, serta mau dan mampu melaksanakan TRI PRASETYA Merpati Putih.

Ketiga, Tradisi sebagai sarana silaturahmi seluruh keluarga besar PPS Betako Merpati Putih sehingga mempererat rasa persaudaraan diantara anggota PPS Betako Merpati Putih.

Keempat, Tradisi sebagai sarana menata kembali kedisplinan anggota sehingga tercapai kesamaan visi dan misi perguruan menuju Merpati Putih yang lebih baik dan bermanfaat di masa depan.

Itulah tadi Tradisi Merpati Putih 2023: Ajang Silaturahmi, Napak Tilas Jejak Guru Besar dan Pelesatarian Sejarah Keilmuan. (*)

Top