Loading
Ujian Kenaikan Tingkat Pencak Silat Merpati Putih 2023 Digelar di Pantai Parang Kusumo Yogyakarta

Ujian Kenaikan Tingkat Pencak Silat Merpati Putih 2023 Digelar di Pantai Parang Kusumo Yogyakarta

Ujian Kenaikan Tingkat Pencak Silat Merpati Putih 2023 Digelar di Pantai Parang Kusumo Yogyakarta

PENCAKSILAT.TV – Perguruan Pencak Silat Bela Diri Tangan Kosong (PPS BETAKO) Merpati Putih gelar Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Nasional di Pantai Parang Kusumo Yogyakarta.

Acara UKT Nasional tersebut digelar mulai tanggal 27-30 Juli 2023. Acara tersebut akan diikuti oleh 38 peserta dari seluruh Indonesia.

Andi Sulistyanto, Ketua Panitia UKT Nasional Merpati Putih 2023 mengungkapkan UKT Nasional ini merupakan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan di bulan Suro.

“Kita tiap bulan Suro dalam penanggalan Jawa, setiap tahunnya memang Perguruan Merpati Putih itu mengadakan ujian kenaikan tingkat khusus Nasional yang diikuti oleh seluruh Indonesia bahkan diikuti oleh cabang-cabang dari Luar Negeri,” ungkap Pria yang akrab disapa Andi Sulis.

Dalam tradisi PPS Betako Merpati Putih ada tiga ujian kenaikan tingkat. “Jadi dalam tradisi merpati putih itu ada tiga ujian kenaikan tingkat, yang pertama ujian kenaikan tingkat cabang, jadi itu diikuti anggota anggota yang tingkatnya masih dasar 1, dasar 2, balik 1, balik 2 dan kombinasi 1,” terang Andi Sulis.

Lebih lanjut ia mengatakan, mulai tahun ini untuk UKT tingkat cabang hanya sampai balik 2, dan mulai tahun depan kombinasi 1 sudah masuk di UKT daerah, yaitu tingkat kabupaten yang diikuti oleh cabang-cabang pesertanya nanti yang naik itu dari tingkatan kombinasi 1 kombinasi 2.

“Setelah kombinasi 2 untuk naik lagi itu harus mengikuti yang namanya ujian kenaikan tingkat yang Nasional itu nanti menuju ke tingkatan khusus 1, khusus 2, khusus 3  dan seterusnya di Nasional,” tambah Ketua Panitia UKT Nasional Merpati Putih 2023 itu.

Dalam pelaksanakan UKT Nasional pesertanya merupakan para senior yang rata-rata sudah 10 tahun. “Mereka senior-senior pelatih di daerah dan cabang,”

Adapun pemilihan lokasi UKT Nasional di Yogyakarta bukan tanpa alasan, Yogyakarta menjadi saksi sejarah berdirinya Perguruan Merpati Putih.

“UKT tingkat Nasional ini ada sejarahnya karena memang merpati putih lahir di Jogja, jadi dari awal dulu pertama dilakukan di Jogja dan memang tidak pernah dilakukan di daerah lain,” jelas Andi

Pelaksanaan UKT Nasional Merpati Putih ini terbuka dan bisa disaksikan oleh masyarakat umum

“Kita terbuka semua masyarakat boleh melihat biasanya kita juga melakukan di tempat-tempat umum, jadi kita tidak ada tempat khusus, silahkan masyarakat kalau mau lihat silahkan,” terang Andi.

Adapun dalam UKT Nasional ada beberapa materi yang diujikan  diantaranya adalah materi tertulis, dilanjutkan dengan tata gerak, kemudian getaran, fight, uji stamina yang terakhir nanti adalah power atau tenaga yang akan dilakukan di Parang Kusumo.

“Dalam uji stamina kita lari dari tempat ujian menuju Pantai Parang Kusumo, biasanya dimulai dari Sasosno Hinggil ke Parang Kusumo tapi kali ini dari Kampus ATK menuju Parang Kusumo. Sesampainya di sana pagi harinya langsung diadakan ujian power, tujuannya adalah kita uji tubuh dalam keadaan kecapean apakah masih mampu untuk melakukan pematahan benda-benda keras seperti itu,” pungkas Andi Sulis.

Pelaksanaan UKT Nasional PPS Betako Merpati Putih sesuai rencana akan ditutup pada hari Minggu, 30 Juli 2023. Demikian Ujian Kenaikan Tingkat Pencak Silat Merpati Putih 2023 Digelar di Pantai Parang Kusumo Yogyakarta. (*)

 

 

 

 

Top