Loading
Jawa Barat Akan Segera Memiliki Padepokan Pencak Silat dan Pusat Budaya Sunda

Jawa Barat Akan Segera Memiliki Padepokan Pencak Silat dan Pusat Budaya Sunda

PENCAKSILAT.TV – Jawa Barat Akan Segera Memiliki Padepokan Pencak Silat dan Pusat Budaya Sunda. Kabar gembira menyelimuti para pendekar dan atlet Pencak Silat Jawa Barat. Pasalnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan segera meresmikan Padepokan Pencak Silat dan Pusat Budaya Sunda pada 1 September 2023 nanti.

Hal tersebut disampaikan Kang Emil melalui akun Instagramnya @ridwankamil. Padepokan Pencak Silat tersebut dibangun di Kiara Payung, Jatinangor, Jawa Barat.

“Padepokan Pencak Silat dan Pusat Budaya Sunda, akan diresmikan ditanggal 1 September 2023. 4 hari sebelum jabatan saya selesai,” tulis Ridwan Kamil di akun Instagramnya.

Dalam unggahannya Gubernur Jawa Barat itu merasa bangga karena Pencak Silat telah ditetapkan Unesco sebagai warisan budaya Indonesia.

“Bangga karena Unesco, di Bogota, sudah menetapkan pencak silat sebagai warisan budaya dunia ditahun 2019. Dimana tahun 2017 saya berpidato di Unesco Paris untuk meyakinkan mereka agar memberi anugerah ini. Alhamdulillah misi berhasil,” tulisnya.

Lebih lanjut Ridwan Kamil berpesan fasilitas yang dibangun ini untuk dapat dimanfaatkan untuk budaya Pencak Silat.

“Warga Jabar, diakhir jabatan saya akan mempersembahkan pusat budaya sunda, pusat Pencak Silat Jawa Barat, Padepokan Pencak Silat, di Kiara Payung Jatinagor. Nah ini tahap satu setengahnya beres, tahap dua akan melajutkan padepokan silat yang luar biasa. Out dor, indor nanti pertandingan dan latihan indor akan dilakukan disini, silahkan dimanfaatkan untuk kegiatan budaya sunda budaya pencak silat,” ucap Ridwan Kamil dalan video unggahannya di Instagram.

Ia berharap pembagunan Padepokan Pencak Silat dan Pusat Budaya Sunda dapat membawa manfaat untuk kemajuan kebudayaan dan budaya Pencak Silat Jawa Barat yang selalu membawa harum Indonesia di kancah Internasional.

“Karenanya kami siapkan fasilitas dan infrastruktur agar budaya ini selalu lestari selamanya, Aamiin,” pungkasnya. ALS (*)

Top