Loading

6 Jenis Kuda-kuda dalam Pencak Silat

PENCAK SILAT.TV- 6 Jenis Kuda-kuda dalam Pencak Silat. Pencak silat merupakan seni bela diri tradisional yang menjadi warisan budaya dari leluhur.

Sebagai seni bela diri, Pencak Silat mempunyai aturan terkait gerakan dan teknik dasar yang digunakan.

Diantaranya yaitu Kuda-kuda yang menjadi  pertahan tubuh ketika akan memulai gerakan.

Menurut dalam bukunya yang berjudul Pencak Silat menjelaskan bahwa kuda-kuda merupakan suatu posisi yang menjadi tumpuhan untuk melakukan sikap pasang (sikap standart), teknik – teknik serangan, dan teknik pembelaan diri.

Dalam pencak silat terdapat 6 jenis kuda-kuda yang harus dikuasai oleh pesialat sebelum melakukan gerakan dasar.

1. Kuda-kuda Tengah

Kedua kaki dikangkangkan, sejajar. Lebar kangkangan kurang lebih 2 kali lebar bahu. Kedua kaki ditekuk, badan tegap, berat badan terbagi rata di antara kedua kaki.

2. Kuda-kuda Samping

Kaki kanan sejajar dengan kaki kiri. Kaki kanan ditekuk dan kaki sebelah kiri lurus. Berat badan 90 persen diletakkan di atas kaki yang ditekuk.

Kuda-kuda dengan berat badan ke samping kiri atau kanan dengan posisi badan tegap condong samping kiri atau kanan, kaki terbuka menyamping, kaki kanan atau kiri ditekuk sesuai dengan arah kuda-kudanya.Macam-macam Sikap Pasang dalam Pencak Silat yang Harus Kamu Ketahui.

3. Kuda-kuda Depan

Kaki kiri di depan kaki kanan atau sebaliknya, keduanya terletak satu garis. Kaki yang di depan ditekuk dan kaki yang belakang sedikit ditekuk. Berat badan 90 persen diletakkan di atas kaki depan. Posisi kedua kaki membentuk sudut kurang lebih 30 derajat. bisa dilakukan lurus atau serong.

4. Kuda-kuda Belakang

Kaki kiri di belakang kaki kanan atau sebaliknya, keduanya berada dalam satu garis. Kaki yang belakang ditekuk dan yang di depan agak diluruskan. Berat badan 90 persen diletakkan di atas kaki yang belakang.

Kuda-kuda belakang tersebut dapat pula dilakukan dengan kaki yang di depan diangkat ujung-ujung jarinya. Bisa dilakukan lurus ke belakang atau serong.

5. Kuda-kuda Silang Depan

Kuda-kuda silang depan adalah sikap yang menggabungkan kuda-kuda depan dan samping. Dengan cara menempatkan salah satu kaki ke arah depan dan ditekuk.

Kaki yang digunakan sebagai penopang berat badan dengan tumpuan pada ujung jari kaki dan posisi badan tegak pandangan lurus ke depan.

6. Kuda-kuda Silang Belakang

Kuda-kuda silang belakang merupakan sikap yang berkebalikan dari kuda-kuda silang depan.

Posisi yang diterapkan saat melkaukan kuda-kuda depan adalah dengan satu kaki disilangkan di depan kaki yang lain.

Kemudian berat badan dibebankan pada kaki depan dengan kaki belakang menumpu pada ujung jari kaki. Posisikan badan mengarah ke belakang dengan posisi kaki yang ringan berada sedikit ke depan.

Itulah 6 Jenis kuda-kuda yang harus kamu ketahui saat belajar Pencak Silat.(*)

Top