Loading

Deretan Atlet Perempuan di Dunia Persilatan

 

PENCAK SILAT.TV – Deretan Atlet Perempuan di Dunia Pencak Silat.

Pencak silat merupakan seni bela diri  tradisional warisan budaya Indonesia yang diakui oleh dunia dan ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural World Heritage).

Tak heran jika Pencak silat dapat ikut andil dalam pertandingan olimpiade baik tingkat nasional maupun Internasional yang mengharumkan nama bangsa dan menjadi identitas bangsa.

Pencak silat salah satu olahraga bela diri yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Sebagai bukti hampir semua lembaga pendidikan memasukkannya dalam program ekstrakulikuler.

Peminat Pencak silat tidak hanya dari kaum laki-laki tetapi banyak juga dari kaum perempuan.

Tercatat sampai detik ini pencak silat telah melahirkan  atlet-atlet  perempuan yang mewakili bangsa Indonesia di turnamen tingkat Internasional.

Berikut ini deretan atlet perempuan yang mengharumkan nama pencak silat pada dunia.

1. Wewey Wita

Perempuan kelahiran 5 Februari 1993  yang berasal dari Tangerang ini sudah menekuni dunia pencak silat sejak di bangku SD.

Menginjak usia SMP, Wewey sudah mengikuti berbagai kejuaraan pencak silat dan tidak jarang dia selalu menjadi juara dalam pertandingannya.

Dengan kemampuan yang terus terasah tak tanggung-tanggung jika dia menjadi juara baik tingkat nasional maupun internasional.

Sebagai atlet Pencak silat perempuan, Wewey  terkenal dengan tendangan T atau tendangan maut kaki kanannya yang kuat dan akurat dalam mengdapi lawan mainnya.

Hasil dari kerja kerasnya dalam berlatih, sudah sepantasnya jika dia mendapatkan banyak pretasi diantaranya Medali emas Pekan Olahraga Nasional (PON) (2012), Medali emas World Champion Medali emas SEA Games (2017), Medali emas Asian Games (2018), Medali emas Belgium Open (2018), dan masih banyak lainnya.

2. Puspa Arum Sari

Puspa memulai kariernya di dunia pencak silat sejak usia SD dengan mengikuti kejuaraan yang berhasil menjadi juara.

Namanya mulai melejit ketika berhasil meraih juara emas dalam turnamen Pekan Olahraga Nasional (PON) pada tahun  2014.

Selanjutnya Puspa mewakili Indonesia dan meraih mendali emas pada Pesta Olahraga Asia 2018 yang berlangsung di Denpasar dimana saat itu Pencak silat menjadi cabang olahraga baru.

Sebagai pesilat putri Indonesia, Puspa telah mengantongi segudang pretasi yang sangat membanggakan dan mengharumkan nama bangsa Indonesia.

3. Sarah Tria Monita

Sarah merupakan perempuan berhijab asal Jawa Timur yang mampu menaklukkan dunia lewat prestasi yang diraihnya dalam bidang olahraga Pecak Silat.

Dia banyak mengikuti turnamen dan kejuaraan dunia. Prestasi yang diraihnya tak tanggung-tanggung yaitu mampu merah mendali emas dari berbagai turnamen yang diikutinya baik tingkat nasional mauoun internasional.

4. Jeni Kause

Atlet pesilat perempuan kelahiran Nusa Tengga Timur telah meraih mendali emas pada Pesta Olahraga Asia Tenggara pada tahu 2019  sebagai perwakilan Indonesia.

Selain itu dia juga memenangkan Kejuaraan Dunia Belgia Open pada tahun yang sama yaitu 2019 dan kembali membawa pulang mendali emas.

Itulah 4 atlet pencak silat perempuan yang dapat mengispirasi perempuan-perempuan Indonesia.***

Top