Loading

Mengenal 12 Makna dan Arti Lambang IPSI

PENCAK SILAT.TV – Mengenal 12 Makna dan Arti Lambang IPSI.

Ikatana Pencak Silat Indonesia (IPSI) merupakan organisasi yang mewadahi bagi perkumpulan pencak silat Indonesia yang didirikan pada tanggal 18 Mei 1948.

IPSI yang saat ini diketuai oleh Prabowo Subianto telah mewadahi sebanyak 16 perguruan pencak silat yang terdiri dari 10 anggota khusus dan 6 anggota biasa.

Selain sebagai organisasi yang bertujuan untuk mempersatukan dan membina antar perguruan pencak silat, IPSI juga berperan dalam mengangkat harkat, martabat bangsa serta membantu negara dalam bidang ketahanan nasional.

Hal ini tertera dalam lambang yang digunakan oleh IPSI sebagai identitas dan ciri dari sebuah oragnisasi.

Menurut Erwin Setyo Kriswantoro dalam bukunya yang berjudul ‘Pencak Silat’ menyatakan bahwa lambang IPSI disusun oleh Yanuarno dan Harsoyo.

Yanuarno menyusun gambar lambang sedangkan Harsoyo merumuskan makna tersebut.
Lambang IPSI disahkan pada tahun 1977 saat Munas IPSI berlangsung.

Berikut ini makna dari lambang IPSI.

1. Perisai Segi Lima
berarti bahwa IPSI berazaskan Pancasila, serta bertujuan membentuk manusia Pancasilais sejati.

2. Sayap Garuda Berwarna Kuning Berotot Warna Merah
Mempunyai makna kekuatan bangsa Indonesia yang bersendi Kemurnian, Keluhuran dan Dinamika,

a. Sayap 18 lembar, Bulu 5 lembar + 4 lembar + 8 lembar, berarti tanggal berdirinya IPSI 18 Mei 1948.

b. Sayap 16 lembar, terdiri dari 17 + 1, berarti tanggal berdirinya IPSI dengan semangat Proklamasi Kemerdekaan membangun Negara.

3. Warna Merah Perisai Segi Lima
Bermakna berani dalam kebenaran .

4. Warna Putih Dalam Perisai Segi Lima
berarti suci dalam amal perbuatan.

5. Warna Hijau Pada Teks Ipsi
berarti ketenangan dalam menghadapi segala sesuatu menuju kemantapan jiwa, karena selalu beriman dan bertauhid kepada Tuhan Yang Maha Esa secara hikmat dan syahdu.

6. Gambar Tangan Putih Diatas Dasar Hijau
menggambarkan bahwa IPSI membantu Negara dalam bidang Ketahanan Nasional melalui pembinaan fisik dan mental agar Kader-kader IPSI berkepribadian nasional serta berbadan sehat, kuat dan tegap. Gambar Tangan, melambangkan :
gerak/posisi pasang pada beladiri Pencak Silat, gerak Tari seni Pencak Silat, dan gerak Do’a.

7. Gambar Senjata Trisula
Dari lambang tersebut, IPSI senantiasa siap siaga dalam berpartisiapasi membangun negara, melalui krida di bidang pembinaan mental spiritual, seni, olahraga dan beladiri, yang merupakan 4 (empat) aspek pencak silat.

Pembinaan mental spritual dilambangkan sebagai gagang trisula yang selalu dipegang untuk mengendalikan krida seni, beladiri dan olahraga.

Trisula yang terdiri darai 3 (tiga) melambangkan krida seni, beladiri dan olahraga. Runcingan yang tengah dan tertinggi melambangkan bahwa krida yang paling menonjol/diutamakan pada kondisi subyek (pelaku krida).

8. Arena Laga
berarti bahwa arena laga Pencak Silat berbentuk segi empat, yang didalamnya dapat ditarik garis arah jurus sebanyak 8, 12 dan 6.

9. Warna Hitam Pada Untaian Lima Lingkaran
berarti hikmat dan khusuk dalam beriman dan berdoa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

10. Untaian Lima Lingkaran
Melambangkan bahwa IPSI melalui olahraga merupakan ikatan perikemanusiaan antara berbagai aliran dengan memegang teguh kekeluargaan, persaudaraan dan kegotong royongan.

11. Warna Kuning Pada Sayap Garuda
Berarti bahwa IPSI mengutamakan keluhuran budi pekerti dan kesejah teraan lahir bathin dalam menuju kejayaan Nusa dan Bangsa.

12. Ikatan Pita Berwarna Merah Putih
Mempunyai arti bahwa IPSI merupakan suatu ikatan pemersatu dari berbagai aliran pencak silat, yang menjadi hasil budaya yang kokoh karena dilandasi oleh rasa berbangsa, berbahasa dan bertanah air Indonesia.

Itulah makna dan arti dari lambang IPSI.(*)

Top