Loading

5 Titik Sasaran Diperbolehkan dalam Pertandingan Pencak Silat

PENCAK SILAT.TV- 5 Titik Sasaran Diperbolehkan dalam Pertandingan Pencak Silat. Pencak silat sebagai olahraga seni bela diri mempunyai ketentuan agar seorang pesilat tetap aman ketika bertanding.

Ketentuan tersebut dilakuakan untuk menjaga keamanan tubuh bagi lawan ketika pertandingan berlangsung.

Selain atribut yang digunakan juga terdapat beberapa peraturan terkain sasaran diperbolehkan dalam pertandingan pencak silat.

Berikut ini 5 titik yang diperbolehkan sebagai sasaran dalam pertandingan pencak silat.

1. Dada

Seorang pesilat atau atlit diwajibkan untuk menggunakan alat pengaman, terutama pada bagian dada. Meskipun dada adalah salah satu sasaran yang diperbolehkan dalam pencak silat, akan tetapi bukan berarti tidak dilindungi. Apalagi dada adalah bagian vital yang bisa mengakibatkan trauma atau shock apabila di serang tanpa pelindung.

2. Pundak

Bagian tubuh lain yang akan memperoleh poin apabila di serang adalah bagian pundak. Pundak biasanya diserang dengan menggunakan tendangan ke atas secara langsung. Akan tetapi meskipun bagian ini mempunyai celah yang paling lebar, tidak mudah untuk menyerang bagian pundak lawan karena tangkisan tangan biasanya lebih cepat melindungi bagian ini.

3. Kaki dan Tangan

Kedua bagian ini memang diperbolehkan untuk di serang. Anda bisa melakukan kuncian atau menjatuhkan lawan dengan cara menyerang bagian ini. Akan tetapi meskipun begitu, penyerangan pada bagian kaki atau tangan tidak memperoleh poin sebagai sasaran perkenaan.

4. Perut

Perut juga menjadi sasaran yang bagus dalam pertandinga, meskipun bagian ini berada di tengah tubuh, akan tetapi poin yang akan diperoleh lumayan besar.

5. Pinggang

Baik pinggang bagian kiri maupun pinggang bagian kanan sama-sama di perbolegkan untuk diserang. Bagian ini tidak terlalu sulit untuk di serang karena berada di bagian yang terbuka. Anda bisa melakukan pukulan palsu untuk mengecoh lawan supaya dapat melayangkan tendangan pada bagian pinggang.

Itulah 5 sasaran yang diperbolehkan dalam pertandingan pencak silat. MAR(*)

Top