Loading
Pencak Silat Betawi Meriahkan Spouse Program KTT ASEAN

Pencak Silat Betawi Meriahkan Spouse Program KTT ASEAN

PENCAKSILAT.TV – Bikin bangga, para pesilat dari Pencak Silat Betawi tampil meramaikan Spouse Program KTT ASEAN.

Acara Spouse Program KTT ASEAN merupakan salah satu rangkain dalam rangka KTT ASEAN yang mana Indonesia berstatus sebagai tuan rumah.

Spouse Program ini merupakan kegiatan yang diikuti oleh para pendamping kepala negara yang menghadiri KTT ke 43 ASEAN.

Dalam acara tersebut, Ibu Negara Iriana Joko Widodo memimpin Spouse Program di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Rabu (6/9/2023).

Ibu Iriana Jokowi mengajak para pendamping kepala negara untuk mengenal kekayaan dan keanekaragaman budaya Indonesia.

Salah satu pertunjukan yang menarik dalam acara tersebut adalah disuguhkan adalah Pencak Silat Betawi yang dimainkan oleh beberapa anak perempuan.

Anak-anak perempuan ini mengenakan baju pangsi berwarna biru tua dan menampilkan beberapa jurus silat Betawi. Baju pangsi ini dulu dipakai oleh para jawara yang menunjukkan bahwa mereka adalah pejuang sejati.

Selain itu, mereka juga mengenakan ikat pinggang berwarna hijau yang lebih besar dari ikat pinggang biasa. Ikat pinggang ini dilengkapi dengan dompet yang terbuat dari kulit.

Dengan gerakan yang elegan dan teknik yang ciamik, Pencak Silat Betawi telah memperkaya keberagaman budaya Indonesia.

Seni bela diri ini dikombinasikan dengan unsur-unsur budaya lokal Betawi, mencerminkan kekuatan, keindahan, dan keanggunan masyarakat Betawi yang beragam.

Semoga dengan penampilan Pencak Silat Betawi ini, para pendamping kepala negara dapat lebih mengenal dan menghargai kebudayaan Indonesia. ALS (*)

Top