Loading

Arti dan Makna Lambang Pagar Nusa

PENCAK SILAT.TV-  Arti dan Makna Lambang Pagar Nusa. Pagar Nusa merupakan perguruan seni beladiri anggota IPSI yang dinaungi oleh Nahdlatul Ulama.

Pagar Nusa didirikan pada tahun 1986 oleh tokoh Nahdlatul Ulama (NU) yaitu KH. Maksum Jauhari yang bertepatan di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri.

Seperti halnya dengan perguruan lain, Pagar Nusa juga mempunyai identitas sebagai ciri khas dan tujuan tersendiri.

Tujuan didirikannya Pagar Nusa tak lain adalah Pembinaan, pengembangan, pelestarian, dan pendayagunaan profesi seni, budaya, bela diri pencak silat, dan ketabiban dengan segala aspeknya.

Baik aspek seni, budaya, bela diri pencak silat, dan ketabiban sebagai cabang olahraga maupun seni budaya dan aspek ketabiban (mental spiritual) dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang berbudi luhur dan Pancasilais.

Berlakunya ajaran Islam menurut paham Ahlusunnah wal Jamaah dengan menganut salah satu Mazhab Empat di tengah-tengah kehidupan masyarakat dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Sedangkan indentitas atau ciri khas dari Pagar Nusa tertuang dalam lambang yang digunakannya. Terdapat banyak arti dan makna tersirat.

Berikut ini makna dari lambang Pagar Nusa.

1. Kurva Segi lima

Kurva segi lima menujukkan bahwa Pagar Nusa berlandaskan pada lima rukum islam dan asas pancasila. Lima rukun islam meliputi syhadat, salat, zakat, puasa, dan haji. Sedangkan asas pancasila adalah 5 sila dalam isi pancasila.

2. 3 Garis Berwarna Putih

3 garis yang sejajar denga kurva segi lima menggambarkan 3 pola utama cara hidup masyarakat NU yaitu iman, islam, dan ihsan. Dari ketiganya mempunyai makna bahwa pesilat Pagar Nusa beriman kepada Allah, beragama islam, dan menaati perintah dan menjauhi larangan Allah SWT.

3. Tulisan Pencak Silat Nahdlatul Ulama

Menunjukkan bahwa Pagar Nusa merupakan seni beladiri dibawah naungan Nahdlatul Ulama.

4. Warna Dasaran Hijau

Warna hijau bermakna kesejahteraan, kesuburan, kesejukan, ketentraman, kedamaian, dan kemakmuran.

5. Sembilan Bintang

Sembilan bintang mempunyai 2 makna yaitu Pertama, menunjukkan jumlah wali songo yang ada 9. Satu bintang besar di tengah melambangkan derajat dan kewibawaan wali songo.

Kedua, bintang besar di tengah melambangkan Nabi Muhammad SAW, empat bintang disisi kanan yaitu Khulafaur Rosyidin, empat bintang disisi kiri lambang dari jumlah madzhab 4.

6. Bola Dunia

Mempunyai arti bahwa Pagar Nusa bersifat universal yaitu dapat berdiri dan berkembang di seluruh dunia.

7. Pita dengan Tulisan لا غالب الا بالله

Kata tersebut mempunyai arti tidak ada kemenangan kecuali tanpa pertolongan Allah.

8. Trisula

Trisula merupakan senjata tertua yang ada di nusantara. Selain itu juga menandakan pengembangan pelestarian pencak silat yang dilakukan pagar nusa merupakan identitas beladiri asli Indonesia.

9. Warna Putih

Berarti kesucian jiwa, ketulusan hati, kesungguhan, ketegasan, kebenaran kata dan perbuatan, serta keberanian moral dan sikap.

Itulah arti dan makana lambang Pagar Nusa.MAR(*)

Top