Loading
Teknik Dasar Hindaran Dalam Pencak Silat

Teknik Dasar Hindaran Dalam Pencak Silat

Pencak didefinisikan sebagai gerak dasar beladiri yang terikat pada aturan dan digunakan dalam belajar, latihan dan pertunjukan. Silat dapat diartikan sebagai gerak beladiri yang sempurna dan bersumber pada kerohanian yang suci murni guna
keselamatan diri atau kesejahteraan bersama, serta untuk menghindarkan manusia dari bencana/bahaya.

Peranan pencak silat adalah sebagai sarana dan prasarana untuk membentuk manusia seutuhnya yang sehat, kuat, tangkas, terampil, sabar, ksatria dan percaya diri. Gerakan tangan dan tubuh baik dengan iringan musik atau tidak, menggambarkan patriotisme seseorang dalam mempertahankan diri.

Ada 4 (empat) aspek atau unsur dalam pencak silat, yaitu : unsur olahraga, unsur kesenian, unsur bela diri, dan unsur kerohanian (kebatinan). Salah satu hal penting dalam pencak silat yang harus dikuasai adalah keterampilan teknik dasar hindaran, elakan, dan tangkisan dalam olahraga beladiri pencak silat.

Kali ini akan diuraikan mengenai teknik dasar hindaran dalam Pencak Silat. Berikut merupakan keterampilan teknik dasar hindaran dalam olahraga beladiri pencak silat yang wajib kamu kuasai.

Teknik Dasar Hindaran

Hindaran adalah suatu usaha pembelaan dengan cara memindahkan bagian-bagian badan yang menjadi sasaran serangan, dengan melangkah atau memindahkan kaki. Sasaran yang dimaksud adalah bagian badan yang menjadi tujuan serangan lawan. Kalian perhatikan bentuk-bentuk hindaran berikut ini:

Pertama, Hindar hadap, yaitu menghindar dengan memindahkan kaki, sehingga posisi tubuh menghadap lawan.

Kedua, Hindar sisi, menghindar dengan memindahkan kaki, sehingga posisi tubuh menyamping lawan

Ketiga, Hindar angkat kaki, menghindar dengan cara angkat kaki.

Keempat, Hindar kaki silang, menghindar dengan memindahkan kaki secara menyilang.

Demikian tadi penjelasan tentang hindaran dalam Pencak Silat yang wajib kamu ketahui, diolah dari Buku Modul Pembelajaran PJOK SMA. (*)

Top