Loading

Arti dan Makna Lambang Perguruan Silat Kera Sakti

PENCAK SILAT.TV – .  Arti dan Makna Lambang Perguruan Silat Kera Sakti.Kera Sakti atau nama lain dari Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia ( IKSPI ) merupakan perguruan pencak silat yang didirikan oleh Raden Totong Kiemdarto pada 15 Januari 1980.

Raden Totong Kiemdarto mempelajari gerakan beladiri kungfu aliran utara dan selatan dari pendekar kungfu beretnis Tionghoa yang ada di Indonesia. Ia dikenal telah lama belajar pencak silat di beberapa perguruan silat yang usianya lebih tua di Madiun

Kera sakti merupakan pencak silat dengan pencak silat beraliran kungfu dengan ilmu kerohanian dari Banten dan ulama Jawa.

Tak heran jika dalam gerakan Kera Sakti terdapat unsur Kungfu Tionghoa. Hal ini merupakan salah satu keunikan dari Kera Sakti yaitu perpaduan antar silat Indonesia dan Tionghoa.

Namun, pada hakikatnya, banyak ilmu dari Kera Sakti yang mengambil referensi dari ajaran Islam. Tetapi hanya sebatas  berada pada tataran keilmuan, bukan ajaran. Sehingga perguruan ini terbuka untuk semua kalangan agama.

Selain itu, Kera Sakti juga mempunyai ciri khas lain yaitu tertera dalam lambang yang digunakan sebagai identitas  diri dari sebuah perguruan pencak silat.

Berikut ini arti dan makna lambang dari Kera Sakti.

1. Lambang Badge Berbentuk

Perisai menunjukkan bahwa ilmu yang diajarkan di Perguruan IKS.PI Kera Sakti hanya untuk melindungi diri (tameng), dan bukan untuk dipakai sewenang-wenang.

2. Gambar Perisai Dengan Tiga

Tingkatan merupakan utan atau kelas yang diajarkan yaitu terbagi menjadi tiga tingkatan, yaitu Tingkat I / Warga (Sabuk Biru), Tingkat II / Pendekar (Sabuk Merah) dan Tingkat III / Dewan Guru (Sabuk Merah Strip Kuning Emas).

3. Gambar Manusia Dibayangi Kera

Melambangkan bahwa pelajaran Ilmu Bela Diri yang diajarkan kepada semua anggota Perguruan IKS.PI Kera Sakti adalah menggunakan Jurus atau Gerakan Silat Aliran Kera.

4. Gambar Lingkaran Berekor / Huruf Q

Menunjukkan bahwa Kekuatan Rohani / bathin / Qontak (tenaga dalam) serta melambangkan hubungan antara Warga IKS.PI Kera Sakti dengan Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan keyakinannya masing-masing.

5. Warna Merah

Diartikan sebagai hati yang teguh pendirian, kokoh, sifat dan sikap berani dan pantang menyerah.

6. Warna Kuning

Mempunyai arti kepandaian dan kelincahan.

7. Warna Hitam

Hitam tidak hanya identik dengan roh jahat saj tetapi banyak makna yang terkandung dalam warna hitam. Sebagaimana dalam lambang Kera Sakti yang memberi arti kekuatan tubuh/fisik (kekuatan lahir).

8. Warna Putih

Warna putih banyak dairtikan sebagai kebersihan jiwa seseorang, dalam hal ini putih melambangkan sebagai keluhuran budi pekerti dan kesucian hati.

Itulah arti dan makna dari lambang dari perguruan silat Kera Sakti yang perlu diketahui sebelum masuk dalam pergurusnnya. Lambang tersut dapat menjelaskan bagaimana perguruan silat Kera Sakti itu, yang tidak hanya mengajarkan gerakan bela diri tapi juga nilai kerohanian.

Top