Loading
Profil Ketua Umum Perisai Putih

Profil Ketua Umum Perisai Putih (PSN): Drs. Taufik Ansorie, S.H., M.M.

PENCAK SILAT TV-Profil Ketua Umum Perisai Putih (PSN): Drs. Taufik Ansorie, S.H., M.M.

Perguruan Silat Nasional Perisai Putih atau PSN Perisai Putih adalah suatu perguruan pencak silat di Indonesia. Dimana perguruan ini memiliki pusat organisasi di Surabaya dan pusat keilmuan di Surabaya.

Perguruan Silat Nasional Perisai Putih didirikan oleh (Alm) R.A.Bustami Barasubrata, beliau dilahirkan di Sumenep Madura. Pak Boestam adalah putra ke-3 dari 9 bersaudara yang lahir pada tanggal 4 Desember 1939 di Bangselok, Sumenep, Madura.

Jika kita telik kembali sejarah tentang Perguruan Silat Nasional Perisai Putih sejak awal pendrian hingga saat ini, tentu sudah tidak diargukan lagi. Bagai mana tidak pendiri tokoh pertama adalah salah satu pendekar ternama asal Madura Jawa timur, yang terkenal diberbagai daerah banhkan manca negara.

Deri sepak terjang gemilang yang sudah dilampawi oleh Perguruan Silat Nasional Perisai Putih, kira-kiara siapakah yang bisa menjadi pewaris sebagai ketua umum Perisai Putih.

Simak dan baca dengan seksama, berikut ini adalah Profil Ketua Umum Perisai Putih (PSN): Drs. Taufik Ansorie yang saat ini.

Brigjen. Pol. (Purn.) Drs. Taufik Ansorie, S.H., M.M. (lahir 10 Maret 1957) di Megalang jawa tengah. Ia adalah seorang Purnawirawan Polri yang sebelumnya menjabat sebagai Kasespimma Lemdikpol Polri. Taufik, lulusan Akpol 1980 ini berpengalaman dalam bidang intel. Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan.

Dan sekarang telah resmi dilantik sebagai ketua umum Perguruan Silat Nasional Perisai Putih yang didirikan oleh (Alm) R.A.Bustami Barasubrata, beliau dilahirkan di Sumenep Madura.

Perisai Putih didirikan pada tanggal 1 Januari 1967 dengan nama Yusika Perisai Putih, namun nama tersebut diganti karena berbau asing maka pada konggres IV IPSI di Jakarta 1973 ditetapkan menjadi PSN Perisai Putih “10 Perguruan Historis” sampai sekarang. Dengan moto padi “semakin berisi semakin merunduk” dan semboyan “si vis pacem para bellum”, PSN Perisai Putih yang berpusat organisasi di Jakarta dan berpusat keilmuan di Surabaya ini berkembang pesat di berbagai daerah di Indonesia dan manca negara, termasuk Belanda dan Singapura.

Lambang Perguruan dibuat oleh murid beliu yang bernama FX. Siswadi. Pada Mukernas pertama di Surabaya terdapat Perubahan Lambang perguruan yang bertuliskan Beladiri IPSI Perisai Putih menjadi Perguruan Silat Nasional Perisai Putih yang dikenal dengan nama PSN Perisai Putih pada tanggal 10 Oktober 1987.

PSN Perisai Putih dalam ajaran ilmu silatnya memiliki beberapa unsur bela diri, antara Yiuyitsu, Silat dan Karate (Yiusika). PSN Perisai Putih memiliki pusat organisasi di Jakarta dan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

DKI Jakarta Perkembangan PSN Perisai Putih di DKI Jakarta pada tahun 1971 tepatnya pada tanggal 16 Agustus 1971, seorang Pendekar Silat dari Surabaya bernama S.Himantoro dibantu oleh Joni Heru Riono Tempat latihan pertama berlokasi di Jakarta Utara yang dipimpin oleh AKBP Drs. Soetedjo, yaitu di markas Komando Sektor Kota 722 Jakarta Utara. Dari Jakarta Utara kemudian dikembangkan lagi ke Jakarta Timur dengan tempat latihan di mes Badan Pusat Statistik yang dipimpin oleh Daeng Husin Umar.

Demikian Profil Ketua Umum Perisai Putih (PSN): Drs. Taufik Ansorie Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. MAR (*)

Top