Loading

Mengenal Jurus dan Tenaga Dalam Merpati Putih

PENCAK SILAT.TV– Mengenal Jurus dan Tenaga Dalam Merpati Putih. Merpati Putih merupakan pencak silat yang berdiri pada tanggal 2 April 1963 di Yogyakarta.

Pencak silat Merpati Putih memiliki nama kepanjangan falsafah jawa yaitu Mersudi Patitising Tindak Pusakane Titising Hening yang dalam bahasa Indonesia.

Artiannya Mencari hingga mendapat Kebenaran dengan Ketenangan, sehingga diharapkan seorang Anggota Merpati Putih akan menyelaraskan hati dan tipu daya dalam segala tingkah laku yang dibuatnya.

Selain itu, Merpati Putih merupakan salah satu pencak silat bela diri Tangan Kosong (PPS Betako).

PPS Betako Merpati Putih adalah salah satu warisan ilmu beladiri karya nenek moyang Indonesia. Memiliki tujuan untuk menempa kepribadian anggota-anggotanya supaya berwatak dan berkepribadian luhur, berbudi, kuat, harmonis, dinamis serta patriotis, sesuai filsafat Indonesia, yaitu Pancasila.

Oleh karena bela diri tangan kosong, Merpati Putih memiliki tenaga dalam asli manusia dengan teknik pernafasan dan oleh nafas.

Pada umumnya tenga dalam dapat diamati dan digunakan hanya saat dalam keadaan mendesak ketika berhadapan dengan lawan untuk melindungi diri dari serangan. Dimana ketika melakukannya dibawah alam sadar manusia yang menjadikan mereka tidak mempercayai tentang apa yang sudah dilakukan.

Berbeda dengan pencak silat Merpati Putih yang memakai tenaga dalam dengan keadaan yang normal, kapanpun dan dimanapun.

Dalam tubuh manusia terdapat zat yang menjadi cadangan energi, sehingga dengan pertolongan teknik olah napas tenaga yang tersembunyi bisa dilatih untuk diperoleh dan dikumpulan di dalam tubuh.

Jumlah teknik olah napas di dalam Pencak Silat ini ditengahnya Pernapasan Pembinaan dan Pernapasan Pengolahan. Selain itu, beberapa Teknik jurus (disebut dengan rangkaian gerak) ditengahnya adalah Rangkaian Gerak Praktis (RGP), Rangkaian Gerakan Terikat (RGT) dan Rangkaian Gerakan Lepas sama sekali (RGB).

Hasil olah gerak dan olah napas ini bisa diolah dijadikan tenaga ‘getaran’. Tenaga getaran tersebutlah yang dapat memunculkan tenaga dalam dari tubuh manusia.

Urutan pemahaman gerakan pada Merpati Putih adalah Gerak Dasar, Gerak Pengarahan, Gerak Naluri (plus getaran).

Selain dari Diri Sendiri (energi badan), pengambilan energi getaran di Pencak Silat Merpati Putih ini bisa pula diambil dari dunia. Diantaranya yaitu Bumi (energi tanah juga pohon yang berusia amat tua), dan dari Angkasa (energi bintang, matahari ataupun bulan).

Beberapa tahun belakang, ilmu tenaga dalam Merpati Putih yang benar isinya energi dan getaran ini telah diselidiki bertambah jauh secara ilmu.

Ilmu dan dikembangkan juga dalam  pengobatan serta untuk keperluan orang tuna netra, supaya mereka mampu membaca, membedakan dan mengenali warna serta bisa mempermudah segala cara lainnya sehari-hari.

Itulah jurus dan tenaga dalam yang digunakan oleh Merpati Putih dalam melakuka penyerangan dan pembelaan terhdap lawannya. MAR(*)

Top