Loading
Pendiri SIlat Phashadja Mataram.

Sejarah Berdirinya Phashadja Mataram: Didirikan Oleh Soetardjonegoro

PENCAKSILAT.TV – Sejarah Berdirinya Phashadja Mataram: Didirikan Oleh Soetardjonegoro.

Pencak Silat memang selalu terdepan dalam ajang lomba Asian Games, dan tak jarang perguruan silat Indonesia menjadi juara harapan dalam komptisi itu. Bahkan beberapa perguruan di Indonesia yang mengutus para jawaranya selalu membuat bangga bangsa Indonesi.

Phasadja Mataram merupakan salah satu dari 10 perguruan historis yang mendirikan organisasi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Salah satu ciri khas perguruan ini memiliki tradisi hanya menerima siswa khusus laki-laki saja.

Itu tadi sejumlah perguruan silat yang berasal dari Jogja. Seni beladiri merupakan kekayaan budaya Indonesia yang perlu terus dilestarikan.

Phashadja Mataram, sebuah aliran silat yang diambil dari nama Mataram menggunakan bahasa sansekerta. Nama Phashadja apabila diurai yaitu Pha dari phasa atau puasa, Sha dari shandjata atau senjata, dan Dja dari djumedul atau timbul, mengandung makna keluarnya senjata melalui sarana puasa, sehingga murid-murid Phashadja Mataram selain digembleng fisik juga ketika kenaikan tingkat harus lulus riyadhoh puasa dan sholat malam.

Perguruan Phashadja Mataram, memang sudah tidak di ragukan lagi dalam pembinaan murid-muridnya untuk berlatih jurus menjurus demi keberlangsungan sepak terjang yang mereka inginkan dan bangsa harapkan.

Phashadja Mataram didirikan oleh K.R.T. Soetardjonegoro pada tanggal 20 Oktober 1950 di Yogyakarta. Perguruan yang berpusat di Jalan Gayam Mangkukusuman ini hanya menerima anggota laki-laki yang sudah baligh karena laki-laki akan diberi pendidikan untuk menjadi seorang imam bagi dirinya sendiri, keluarga, dan kelak apabila menjadi pemimpin. Selain itu juga bertujuan untuk menghindarkan dari pikiran-pikiran yang negatif. Murid tidak hanya dilatih ketangkasan dalam membela diri saja, tetapi juga diberi pendidikan akhlak agar dapat menjadi orang yang bertata krama, mempunyai sopan santun, dan tidak beringas.

Nama Phashadja apabila diurai yaitu Pha dari phasa atau puasa, Sha dari shandjata atau senjata, dan Dja dari djumedul atau timbul, mengandung makna keluarnya senjata melalui sarana puasa, sehingga murid-murid Phashadja Mataram selain digembleng fisik juga ketika kenaikan tingkat harus lulus riyadhoh puasa dan sholat malam.

Phashadja Mataram merupakan perguruan yang semi organisasi, yang menjadi pemimpin atau pendekar besar hanya keturunan langsung dari K.R.T. Soetardjonegoro.

Dari bergai sumber yang kami tau Perguruan Phashadja Mataram ini hanya menerima Siswa khusus Putra/Laki-laki saja, yang mempunyai makna & filosofi bahwa “seorang Laki-laki harus mampu menjadi seorang Imam (Pemimpin) yang berakhlak mulia, taat beribadah, dapat dipercaya, bertanggungjawab, rendah hati, berani, tegas, tangguh, kuat, cerdas, setia, tulus dan berguna bagi Perguruan, Diri Sendiri, Keluarga, Masyarakat, Agama, Nusa & Bangsa.

Demikian Sejarah Berdirinya Phashadja Mataram: Didi oleh Soetardjonegoro semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. MAR (*)

Top