Loading

Menganal Jurus Khas Tapak Suci

PENCAK SILATA.TV- Menganal Jurus Khas Tapak Suci. Tapak Suci adalah sebuah perguruan pencak silat yang merupakan anggota Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Tapak suci juga salah satu perguruan histori IPSI karena ikut andil dalam menunjang tumbuh dan berkembangnya IPSI sebagai organanisasi.

Sebagai pencak silat yang dibawah naungan Muhammadiyah, Tapak Suci asas yang dijadikan pegangan yaitu islam, Al-Quran dan As-Sunnah, serta berjiwa persaudaraan.

Selian itu juga mempunyai sebuah moto yang mengkolaborasikan antar akhlak dan iman yaitu Dengan Iman dan Akhlak saya menjadi kuat, tanpa Iman dan akhlak saya menjadi lemah.

Namun, tidak menjadikan Tapak Suci memilih dan menilai calaon anggotanya dari agama atau budaya saja. Tetapi ini terbuka untuk keanggotaan tidak hanya umat Islam tetapi untuk siapa saja yang tertarik, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Selain mengajarkan tentang unsur agama dan keimanan, Tapak suci juga mengajarkan jurus dan teknik yang menjadi pemebelajaran pokok atau penting dalam pelatihan seni beladiri pencak silat.

Jurus-jurus khas Tapak Suci pada awalnya diberi nama dengan nomor, seperti Jurus 1, 2, dst. Setelah Tapak Suci dideklarasikan pada tahun 1963, jurus-jurus itu diberi nama dengan nama-nama flora dan fauna.

Dasar penamaan ini agar senantiasa mengingat kebesaran Allah yang berkuasa menciptakan segala mahluk. Selain itu hal ini mengandung arti bahwa jurus Tapak Suci yang kosong akan sama halnya dengan tumbuhan dan hewan, yang hanya memiliki naluri dan hawa nafsu, tanpa memiliki akal dan budi pekerti, tanpa memiliki Iman dan Akhlak.

Ciri khas dari pesilat Tapak Suci adalah tidak digunakanya ilmu kebatinan. Silat Tapak Suci adalah murni olah tubuh dan ketrampilan bertempur.

Berikut ini jurus khas Tapak Suci.

1. Bunga Mawar

gerakan yang mengguanakan punggung tangan atau ruas
tekukan telapak tangan. Jurus bunga mawar terbagi menjadi dua Mawar Mekar dan Mawar Layu.

Mawar mekar mengunakan alat punggung telapak tangan dengan bentuk
tangan tiga jari melengkung, telunjuk lurus, ibu jari
melengkung renggang.Sasaranmya adalah menepis serangan lawan. Lintasan lurus dalam keluar bawah dan teknik kegunaan atau fungsi adalah tangkisan.

Sedangkan Mawar Layu alat penyasar yang digunakan adalah telapak tangan dalam dengan bentuk tangan tiga jari melengkung, telunjuk lurus, ibu jari
melengkung renggang.

Sasaranmya adalah menepis serangan lawan. Lintasan lurus dalam ke dalam bawah dan teknik kegunaan atau fungsi adalah tangkisan.

2. Harimau

Gerakan kaki dengan bentuk melingkar atau lurus kedepan.Terdapat dua jenis jurus harimau yaitu membuka jalan dan menutup jalan yang mempunyai fungsi yang sama yaitu serangan.

Harimau membuka jalan gerakan yang dilakukan dengan telapak kaki bagian dalam, kelima menekuk ke atas. Dimana sasarannya uluhati dan lintasan lurus kedepan.

Sedangkan Harimau menutup jalan hanya menggunakan telapak kaki dengan sasaran ulu hati dan lintasan melingkar ke belakang, lurus ke depan dan ke atas.

3. Naga Terbang

Jurus yang dilakukan menggunakan telapak tangan bagian luar sisi ditekuk. Dengan menggunkan sisi telapak tangan luar bagian dalam, empat jari terbuka rapat, ibu jari ditekuk. Titik sasaran yang diserang adalah leher dan ulu hati dengan lintasan dari dalam ke depan.

4. Rajawali

Mempunyai tujuan untuk menangkis serangan dibawah tiga jari, diatas ruas tangan. Yaitu dengan menggunakan sisi telapak tangan luar bagain dalam, empat jari terbuka rapat, ibu jari ditekuk. Gerakan ini untuk menagkis serangan dari lawan.

5. Merpati

Dilakukan dengan menggunakan ruas kedua jari tangan. Ruas jari tangan tengah, pada kelima jari tangan rapat melengkung ke dalam dengan sasaran dahi.

6. Lembu

Teknik ini dilakukan dengan mengunakan siku tangan dalam dan menggunakan seluruh permukaan siku tangan.

7. Katak

Pukulan dengan menggunkan dua pangkal jari tengah pada permukaan tangan mengepal dan menjadikan ulu hati sebagai sasaran.

8. Ikan Terbang

Pangkalan jari telapak kaki, kelima jari membentuk sudut atas dan punggung kaki oada kelima jari kaki rapat melengkung ke dalam sebagai aalat penyasar. Sasaran dalam gerakan ini adalah ulu hatu dan badan bagian depan dan belakang.

Itulah jurus-jurus khas yang digunkaan oleh Tapak Suci.MAR(*)

Top