Loading
Sejarah Singkat Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI)

Sejarah Singkat Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI)

PENCAKSILAT.TV- Sejarah Singkat Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI).

Setelah sekian tahun tenggelam organisasi yang mewadahi para pendekar silat di bumi Tatar Galuh Ciamis tersebut, kini telah menjelma kembali sebagai pendekar penjaga bunmi ciamis dan nusantara khususnya bangsa Indonesia.

Usut punya usut PPSI didirikan oleh salah satu pendekar asal Galuh Ciamis yakni R. Ema Bratakoesoema yakni orang Baregbeg Ciamis pada tahun 1957. Setelah pengustan demi pengusutan yang dilakukan akhirnya dapat mencuak kembali setelah lama tenggelam dan vakum entah kenapa.

Persatuan Pencak Silat Indonesia PPSI telah resmi bangkit di tahun 2016 dan merintis kembali seni budaya pencak silat dengan semangat para pengurus pelatih PPSI, akhirnya dapat mulai dikenal kembali hingga saat ini.

Karena sangat disayangkan jika perguruan Persatuan Pencak Silat Indonesia PPSI yang merupakan wadah resmi seni tradisi yang sudah diakui oleh UNESCO dan dunia Internasional harus vakum bahkan hilang begitu saja. Ditambah perguruan pencak silat merupakan salah satu seni beladiri yang mempunyai nilai sangat luhur. Seni tradisi pencak silat ini merupakan warisan, kalau dalam bahasa sundanya tali paranti.

Dari beberapa sumber yang kami dapatkan perguraun ini didikaran dan muncul  atas dasar inisiatif salah satu Panglima Kodam III/Siliwangi, yaitu almarhum Kolonel R.A. Kosasih. Yang bertujuan untuk membantu pemerintah dalam hal ini Angkatan Bersenjata Republik Indonesia.

Untuk mewujudkan prakarsa ini, maka beliau mengutus beberapa bawahannya, antara lain Kaptem CPM R. H. Harun Sastrasomantri untuk bermusyawarah dengan Parapendekar di Jawa Barat. Musyawarah antara pihak Kodam III Siliwangi dengan parapendekar penca yang disesepuhi oleh R Ema Bratakoesoemah ini dihadiri antara lain oleh :

  1. Fihak Kodam III Siliwangi :

Mayor CPM Atam Surakusumah, Kapten CPM Harun Sastrasomantri, Kapten CPM R. Surya, Kapten CPM A. Tarmedi, Kapten CPM R. Popo Mustopa, Kapten CPM I. Dasupi, Letda CPM R. Dady Natawisastra,

  1. Dari pihak Parapendekar :

R Ema Bratakoesoema, R. Ipung Gandapradja, R.Karmus, R. Andang Wirasasmita Maolana, K.H. Yusup Todjiri, R. Sunarya, Ilyas, R. Didi, R. Adibrata, dan lainlainya. Akhirnya atas kesepakatan dari musyawarah yang diselenggarakan pada tanggal 17 Agustus 1957 ini maka didirikanlah Persatuan Pencak Silat Indonesia disingkat PPSI.

Sejak itu PPSI tersebar hampir di seluruh wilayah Republik Indonesia melalui POMDAM. Para Ketuanya pun hampir selalu dari POMDAM. Baru pada pemilihan tahun 1994, DPP PPSI diketuai bukan oleh militer. Namun karena dilahirkan oleh Kodam III Siliwangi, hubungan dengan pihak militer tetap terjalin dengan baik.

Demikian Sejarah Singkat Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) bersejarah panjang yang sempat vakum, dan kini telah resmi bangkit kembali pada 2016 hingga sekarang. MAR (*)

Top