Loading

Menganal Ajaran Taleq CS Cimande

PENCAK SILAT.TV- Menganal Ajaran Taleq CS Cimande. CS Cimande merupakan perguruan pencak silat tertua di Indonesia yang banyak melahirkan bebagai perguruan.

CS Cimande pertama kali didirikan sekitar tahun 1169 oleh seorang yang bernama Abah Khaer. Mbah Kahir adalah seorang pendekar Pencak Silat yang disegani. Pada pertengahan abad ke XVIII (kira-kira tahun 1169).

Mbah Kahir pertama kali memperkenalkan kepada murid-muridnya jurus silat. Oleh karena itu, ia dianggap sebagai Guru pertama silat Cimande. Pahlawan Betawi yaitu Si Pitung dipercaya juga berasal dari aliran perguruan silat ini.

Menurut sejarah, berdirinya CS Cimande terdapat beberapa versi yang menceritakan dari mana asal Abah Khaer belajar Moenpo Cimande.

Dari sekian banyaknya versi terkait sejarah berdirinya CS Cimande, versi ketigalah yang terdapat bukti-bukti tertulis tetkait tempat yang lebih jelas. Serta, Versi ini pulalah yang dipakai oleh keturunan dia di Kampung Tarik Kolot – Cimande (Bogor).

Dalam pencak silat CS Cimande tidak hanya mengajarkan jurus dan teknik untuk mrlakukan penyerangan dan pembelaan. Tetapi terdapar ajaran falsafah kehidupan terkait norma-norma dan perilaku yang dijunjung tinggai.

Ajaran tersebut terkenal dengan sebutan taleq Cimande. Taleq ini merupakan kode etik yang harus ditaati dan ditepati oleh keluarga besar Cimande dengan sebaik-baiknya.

Selain itu juga berisi tentang nilai-nilai hidup dan makna susila yang berjiwa selaras dengan Pancasila, merupakan pendukung penghayatan nilai-nilai yang luhur dari Budaya Indonesia.

Taleq Cimande pada dasarnya merupakan landasan falsafah sebagai pegangan hidup keluarga besar pencak silat Cimande. Dengan pegangan hidup itu mereka dapat kuat tidak terombang ambing dalam perjalanan hidupnya, karena dengan falsafahnya itu jelas pula apa yang menjadi dasar tujuannya.

Sebagaimana tujuan dari CS Ciamnde adalah taat dalam beragama, cinta tanah air, dan bersikap dan berperilaku baik terhadap sesama manusia.

Berikut ini taleq cimade yang harus ditaati dan dilanjan olrh anggota cimande.

1. Harus taat kepada Allah dan Rasul-Nya.
2. Jangan melawan kepada ibu dan bapak serta orang yang sudah tua.
3. Jangan melawan kepada guru dan ratu (pemerintah).
4. Jangan judi dan mencuri.
5. Jangan ria takabur dan sombong.
6. Jangan berbuat zina.
7. Tidak bohong dan licik.
8. Meninggalkan mabuk-mabukan dan menghisap madat.
9. Tidak jahil, menganiaya sesama makhluk Tuhan.
10.  Dilarang memetik tanpa izin mengambil tanpa minta.
11. Jangan suka iri hati dan dengki.
12. Jangan suka tidak membayar hutang.
13. Harus sopan santun, rendah hati,ramah tamah dan saling menghargai sesama manusia.
14. Berguru Cimande bukan untun gagah-gagahan, kesombongan, dan ugal-ugalan, tapi untuk mencari keselamatan dunia dan akherat.

Itulah taleq dari CS Cimande yang harus diataati dan dijalankan oleh seluruh anggota Cimande untuk mewujudkan tujuan dari berdirinya perguruan silat tersebut. MAR(*)

Top