Loading

Sikap dan Perilaku Hidup CS Cimande Menurut Taleq Part 2

PENCAK SILAT.TV- Sikap dan Perilaku Hidup CS Cimande Menurut Taleq Part 2. CS Cimande merupakan pergurian pencak sikat anggota Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Saat ini CS Cimande tergolong pencak silat tertua di Indonesia yang didirikan oleh Abah khaer pada tahun 1169.

Tidak hanya tentang  jurus dan teknik, CS Cimande juga mengajarkan tentang nilai dan norma dalam kehidupan bermasyarakat.

Ajaran tersebut dikenal sebagai taqed Cimande yaitu merupakan kode etik yang harus ditaati dan ditepati oleh keluarga besar Cimande dengan sebaik-baiknya.

Taleq Cimande pada dasarnya merupakan landasan falsafah sebagai pegangan hidup keluarga besar pencak silat Cimande.

Dengan pegangan hidup itu mereka dapat kuat tidak terombang ambing dalam perjalanan hidupnya, karena dengan falsafahnya itu jelas pula apa yang menjadi dasar tujuannya.

Oleh karena itu sikap dan perilaku hidup insan pencak silat Cimande berdasarkan taleq sebagai berikut.

1. Jangan Berbuat Zina

Setiap insan pencak silat cimande hendaknya menyadari bahwa berbuat zina dan memperkosa wanita adalah perbuatan yang tidak bermoral dan biadab melanggar kesusilaan dan ajaran agama yang mendapat kutukan didunia dan akhirat.

Hal tersebut dibuktikan dengan sikap menghargai perempuan dan menahan nafsu yang mengarah pada pelanggaran kesusilaan.

2. Jangan Bohong dan Licik

Anggota pencak silat cimande hendaknya menyadari bahwa bohong dan licik adalah suatu perbuatan yang tidak terpuji.

Sukap tersebut dapat menghilangkan kewibawaan dan kepercayaan orang , menimbulkan kesukaran dalam pergaulan dan menjadi rintangan dalam segala kegiatan, akhirnya akan menimbulkan frustasi pada diri sendiri.

Sikap yang perlu dimiliki yaitu bersikap jujur kepada siapun dan bermusyawarah untuk mencapai mufakat.

3. Tidak  Mabuk-mabukan dan Menghisap Madat.

Warga  pencak silat cimande hendaknya menyadari bahwa minuman keras, candu, ganja dan sebagainya dapat merusak keseimbangan tubuh, kesehatan jasmani dan rohani.

Kemudian dapat mengarah kepada perbuatan kejahatan yang menggangu keamanan dan ketertiban umum, sehingga mempengaruhi moral dan moril masyarakat dan bangsa.

4. Tidak Berbuat Jahil dan  Menganiaya Sesama Mahkluk Allah

Semua anggota pencak silat cimande hendaknya menyadari bahwa jahil, aniaya terhadap sesama makhluk Allah adalah perbuatan tidak terpuji.

Selain itu perbutan tersebut juga tidak mempunyai rasa kemanusiaan terhadap sesama.

5. Jangan Memetik Tanpa Izin Mengambil Tanpa Minta

Setiap insan pencak silat cimande hendaknya menyadari bahwa perbuatan tersebut walaupun sifatnya hanya iseng saja tidak didorong oleh kebutuhan yang mendesak. Namun perbuatan itu hukumnya mencuri, maling namanya, hal ini bisa menimbulkan salah paham dalam hubungan kekeluargaan dan kerukunan hidup.

6. Meninggalkan Sikap  Iri Hati dan Dengki

Setiap insan pencak silat cimande hendaknya menyadari bahwa perbuatan iri hati dan dengki terhadap siapapun menunjukan seseorang yang tidak percaya akan kekuasaan, keadailan dan kodrat Allah SWT segala sesuatau berada di tangan Allah, nasib, derajat, dan harkat manusia berada di tangannya.

7. Jangan Suka Tidak Mau Membayar Hutang

Setiap insan pencak silat cimande hendaknya menyadari bahwa meninggalkan hutang berlarut-larut sema dengan mematikan kehidupan orang lain dan mengancam penghidupan seluruh keluarganya.

8. Harus Sopan Santun, Rendah Hati, Ramah Tamah Saling Harga Menghargai di antara Sesama Manusia

Setiap insan pencak silat cimande hendaknya menyadari bahwa sikap dan perilaku demikian di dalam pergaulan sehari-hari.  Di dalam kehidupan masyarakt sendiri akan memupuk dan mengikat keakraban.

Serta  mempererat kerukunan, memperkokoh persatuan dan kesatuan , sedangkan pergaulan tersebut di dalam kehidupan dengan bangsa –bangsa lain akan menunjukan kepribadian bangsa Indonesia yang luhur dan berbudi.

Itulah sikap yarus dimiliki oleh anggota CS Cimande. MAR
(*)

 

Top