Loading

Arti dan Makna Lambang PSN Perisai Putih

PENCAK SILAT.TV – Arti dan Makna Lambang PSN Perisai Putih. Perguruan Silat Nasional Perisai Putih atau PSN Perisai Putih merupakan perguruan pencak silat yang didirikan pada 1 Januari tahun 1967 oleh R. Ahmad Boestami Barasoebrata.

Awal mula Perisai Putih didirikan dengan nama awal bela diri tanpa senjata Yiusika Perisai Putih yang saat itu dianggap mengandung unsur jepang oleh IPSI.

Sehingga agar Perisai Putih dapat diterima oleh IPSI maka maka nama Yiusika dihilangkan hingga menjadi Perguruan Silat Nasional Perisai Putih dan Perisai Putih.

Perguruan silat yang berpusat di Surabaya ini termasuk salah satu 10 top historis pencak silat. Hal ini dikarena keikutsetaannya dalam mengembangkan dalam pertumbuhan dan berdirinya IPSI.

Guru besar dari PSN Perisai Putih adalah R. Ahmad Boestami Barasoebrata yang dalam dunia persilatan di Indonesia lebih dikenal dengan nama Pak Boestam / Boestami.

Guru silat dari Pak Boestam adalah kakeknya yang bernama Kyai Haji Abdus Salam. Masyarakat Sumenep mengenalnya  dengan nama Ki Lamet. PSN Perisai Putih dalam ajaran ilmu silatnya memiliki beberapa unsur bela diri, antara Yiuyitsu, Silat dan Karate (Yiusika).

Sebagai perguruan silat, Perisai Putih mempunyai identitas dan ciri khas agar memudahkan untuk dikenal oleh masyarakat luas.

Ciri khas pada Perisai Putih tidak hanya terletak pada teknik dan jurus yang diajarkan pada para anggotanya.  Akan tetapi meliputi atribut seperti seragam dan sabuk. Selain itu juga lambang atau logo yang menunjukkan sebagai organisasi perguruan pencak silat.

Adapun lambang atau logonya mempunyai makna yang menggambarkan bagaimana sosok Perisai Putih yang telah banyak melahirkan pendekar yang sakti.

Berikut ini mari kita simak makna dan arti dari lambang perguruan Perisai Putih.

Lambang yang digunakan oleh Perisai Putih berbentuk segi lima yang mengandung azas Pencasila dengan warna kuning dan bergaris tepi hitam.

Dalam lambang tersebut  terdapat dua orang yang sedang bertempur. Serta terdapat warna hitam pada segi delapan warna putih yang bergaris tepi hitam.

Segi Delapan melambangkan pengembangan ajaran perguruan ke delapan penjuru mata angin.

Dasar putih melambangkan kesucian hati dalam membela kebenaran tanpa pamrih.

Gambar dua orang bertempur melambangkan anggota PSN perisai putih berani bertempur demi kebenaran.  Dengan memegang  semboyan ” ketahanan merupakan sumber kedamaian ” yang dalam pepatah yunani berbunyi ” SIVIS PACOM PARA BELUM “.

Warna hitam dari dua orang bertempur melambangkan didalam ilmu Pencak Silat PSN Perisai Putih terdapat banyak rahasia ilmu Pencak silat yang belum terungkap dalam kehidupan manusia.

Diatas gambar persegi delapan bertuliskan PERGURUAN SILAT NASIONAL dan PERISAI PUTIH dibawah gambar persegi delapan berbentuk busur berarti melambangkan kebenaran dan keadilan.

Warna hitam pada segi lima melambangkan nilai – nilai luhur PANCASILA sebagai falsafah negara sebagai sumber budaya bangsa dalam menggaliilmu pencak silat PSN Perisai Putih.

Itulah makna dan arti dari lambang dari Perisai Putih. MAR (*)

Top