Loading
Profil Pencak Silat Putra Betawi

Profil Pendekar Persatuan Pencak Silat Putra Betawi (PPS Putra Bwtawi)

PENCAKSILAT.TV-Profil Pendekar Persatuan Pencak Silat Putra Betawi (PPS Putra Bwtawi).

Persatuan Pencak Silat Putra Betawi (PPS Putra Betawi) didirikan pada tanggal 20 Januari 1972, sebagai organisasi yang mempersatukan berbagai aliran Pencak Silat dalam tradisi Betawi. Didirikan untuk mempertemukan para seniman bela diri Betawi menjadi satu kesatuan.

Organisasi tersebut merupakan bagian dari kekayaan warisan budaya masyarakat Betawi yang terkenal dengan para seniman bela diri legendaris seperti Pitung, Jampang, dan Sabeni.

PPS Putra Betawi telah berperan dalam melestarikan dan mempromosikan Pencak Silat gaya Betawi, berkontribusi terhadap pelestarian bentuk seni bela diri tradisional ini.

Beberapa pendekar Pencak Silat Putra Betawi yang terkenal meliputi:

  1. Zakaria : Zakaria adalah pendekar silat aliran “Mustika Kwitang” dan juga dikenal sebagai pendukung utama dalam berdirinya Persatuan Pencak Silat Putra Betawi (PPS Putra Betawi).
  2. Hinnga : Hinnga diklaim sebagai pendekar silat terkenal dari salah satu aliran di Betawi.
  3. Pitung, Jampang, dan Sabeni : Pendekar ketiga ini merupakan segelintir legenda yang membawa seni pencak silat mengakar dalam budaya Betawi.
    • Pitung : Benak kita langsung mengingatkan pada sosok Punting. Nama ini sarat akan makna dan kisah sejarah dibalik sosok sang pendekar silat ini. Dia lahir di Kebon Pala, Tanah Abang pada tahun 1860 dari pasangan Channam dan Piyah.
    • Jampang : Lahir di Sukabumi dan seorang perantau, Jampang juga dikenal sebagai pendekar silat yang berkilasan dengan Pencak Silat Putra Betawi.
    • Sabeni : Nama Sabeni tersohor setelah mampu menghadapi jagoan Kemayoran. Saat itu Sabeni harus meladeni Macan Kemayoran jika ingin melamar putrinya. Sejak itu masyarakat Betawi di Jakarta mengenalnya sebagai sosok pendekar silat sekaligus jawara.

Dalam sejarah Pencak Silat Putra Betawi, ada banyak pendekar lain yang terkenal dan berkontribusi dalam pengembangan dan pemuliaan arti bencak silat di Betawi.

Beberapa aliran silat yang digunakan oleh pendekar Pencak Silat Putra Betawi antara lain:

  1. Mustika Kwitang : Aliran silat yang dikuasai oleh Zakaria, seorang pendekar silat dan pendukung utama dalam berdirinya Persatuan Pencak Silat Putra Betawi (PPS Putra Betawi).
  2. Tiga Berantai : Aliran silat yang sering kali dijuarai oleh para pendekar Pencak Silat Putra Betawi dalam turnamen pencak silat, baik dalam dan luar negeri.
  3. Sabeni : Nama aliran silat ini diambil dari nama penemunya yaitu Bang Sabeni, seorang tokoh Betawi yang juga pendekar silat legendaris di Jakarta, selain Pitung dan Jampang.
  4. Si Macan, Si Tembak, dan Si Karet : Tiga aliran besar ilmu silat yang dimiliki oleh masyarakat Betawi, termasuk dalam Pencak Silat Putra Betawi.
  5. Troktok : Aliran silat yang dikembangkan oleh Haji Dilun bin Syairan bin Madi atau akrab disapa Kong Haji, dan dimulai di Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Demikian Profil Pendekar Persatuan Pencak Silat Putra Betawi (PPS Putra Bwtawi). MAR (*)

Top