Loading
Jurus Khas Tapak Suci Putra Muhammadiayah

8 Jurus Tapak Suci Yang Mematikan Lawan

PENCAK SILAT.TV – Perguruan Seni Bela Diri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah atau yang sering disebut Tapak Suci.

Perguruan Tapak Suci adalah perguruan yang merupakan peleburan sekaligus kelanjutan dari tiga perguruan yang pernah ada sebelumnya, yaitu: Kasegu, Seranoman atau Sironoman, dan Kauman.

Adapun perguruan Kauman yang menjadi cikal-bakal aliran daripada Perguruan Tapak Suci melebur dengan perguruan Banjaran sehingga aliran Tapak Suci disebut sebagai aliran Banjaran-Kauman.

Perguruan atau organisasi tentu mempunyai kriteria cirikhas masing-masing yang membuat daya tarik orang untuk bergabung didalamnya.

Tapak Suci suci meruapakan salah satu diantaranya melalui jurus yang takalah adu duel  dengan perguaruan silat lainya.

Sebelum resmi berdiri, jurus-jurus khas Tapak Suci pada awalnya diberi nama dengan nomor, seperti Jurus 1, 2, dst. Setelah Tapak Suci dideklarasikan pada tahun 1963, jurus-jurus itu diberi nama dengan nama-nama flora dan fauna. Dasar penamaan ini agar senantiasa mengingat kebesaran Allah yang berkuasa menciptakan segala mahluk.

Selain itu hal ini mengandung arti bahwa jurus Tapak Suci yang kosong akan sama halnya dengan tumbuhan dan hewan, yang hanya memiliki naluri dan hawa nafsu, tanpa memiliki akal dan budi pekerti, tanpa memiliki Iman dan Akhlak.

Ciri khas dari pesilat Tapak Suci adalah tidak digunakanya ilmu kebatinan. Silat Tapak Suci adalah murni olah tubuh dan ketrampilan bertempur.

Perguaruan Tapak Suci memiliki 8 jurus diantaranya:

  1. Jurus Mawar
  2. Jurus Katak
  3. Jurus Naga
  4. Jurus Ikan Terbang
  5. Jurus Lembu
  6. Jurus Rajawali
  7. Jurus Merpati
  8. Jurus Harimau

Kedelapan Jurus ini diaplikasikan untuk Permainan Tangan Kosong maupun Bersenjata, baik untuk kegunaan olahraga, seni, maupun beladiri.

Berbagai sumber yang kami dapatkan dari kedelapan jurus ini merupakan yang sering digunakan dalam ajang perdingan, bahkan dijadikan sebagai jurus andalan perguruan Tapak Suci Putera Muhammadiyah.

Demikian 8 Jurus Tapak Suci Yang Mematikan Lawan.

Top