Loading
Profil Serikandi Merpati Putih

Profil Srikandi dan Sejarah Berdirinya Hinga Terkenal Seluruh Dunia

PENCAKSILAT.TV-Profil Srikandi dan Sejarah Berdirinya Hinga Terkenal Seluruh Dunia.

Srikandi Merpati Putih adalah seorang pencak silat yang berasal dari Perguruan Pencak Silat Bela diri tangan kosong (PPS Betako) di Indonesia.

Merpati Putih merupakan salah satu anggota Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) dan Arti Bela Diri nama dan motto Arti dari Merpati Putih itu sendiri adalah suatu singkatan dalam bahasa Jawa, yaitu: Mersudi Patitising Tindak Pusakane Titising Hening.

Motto dari Merpati Putih itu sendiri adalah: “Sumbangsihku tak berharga, namun Keikhlasanku nyata”.

“Srikandi” adalah nama Jawa yang berarti “pejuang wanita” atau “pahlawan wanita”. Dalam konteks Merpati Putih, “Srikandi” mungkin merujuk pada praktisi seni bela diri wanita. 

Ada akun Instagram dengan nama “Srikandi Merpati Putih” yang menampilkan seorang praktisi wanita Merpati Putih.

Tidak ada praktisi Merpati Putih yang terkenal secara spesifik dan dikenal luas. Namun, seni bela diri ini semakin populer selama bertahun-tahun, dan para praktisinya telah memenangkan kompetisi Pencak Silat. Merpati Putih juga dipraktekkan di 14 negara, antara lain Amerika Serikat, Perancis, Belanda, Jepang, Australia, dan Spanyol.

Seni bela diri ini dikenal dengan kemampuan uniknya dalam mengembangkan, memanfaatkan, dan mengendalikan kekuatan batin, atau yang dalam dunia Silat dikenal dengan sebutan “Tenaga Dalam”.

Merpati Putih juga terkenal dengan demonstrasi pemecahannya yang menakjubkan, di mana mereka sering memecahkan tumpukan pelat baja, gagang pompa sumur, kikir pabrik baja karbon, lempengan granit, suspensi mobil, dan bahkan bagian rel kereta api ringan.

Merpati Putih, yang diterjemahkan menjadi “merpati putih”, adalah seni bela diri yang berasal sekitar tahun 1550 pada masa pemerintahan Kerajaan Mataram di Jawa Tengah, Indonesia.

Pada mulanya ilmu pencak silat hanya diperuntukkan bagi para pengawal dan pasukan keraton. Selama bertahun-tahun, praktik Merpati Putih telah berkembang, dan kini menjadi salah satu perguruan terbesar di Indonesia, dengan cabang di seluruh dunia.

Seni ini dikenal karena kemampuan uniknya untuk mengembangkan, memanfaatkan, dan mengendalikan kekuatan batin, serta teknik pernapasan khusus, yang jika diterapkan dengan benar, akan menghasilkan kekuatan besar.

Pendidikan lengkap di Merpati Putih terdiri dari 12 jenjang pelatihan, mulai dari tingkat dasar hingga inti, meliputi sistem gerak, teknik pernapasan, dan pelatihan getaran. Seni bela diri ini terus mendapatkan popularitas dan kini dipraktikkan di 14 negara, termasuk Amerika Serikat, Prancis, Belanda, Jepang, Australia, dan Spanyol.

Upaya telah dilakukan untuk melestarikan warisan Merpati Putih sebagai seni bela diri nasional, dan para praktisinya telah mencapai kesuksesan dalam kompetisi Pencak Silat dan demonstrasi melanggar.

Perkembangan Merpati Putih sejak didirikan pada tahun 1963 telah menunjukkan pertumbuhan yang stabil dalam jumlah praktisi dan pengakuan internasional.

Demikian Profil Srikandi dan Sejarah Berdirinya Hinga Terkenal Seluruh Dunia. MAR (*)

Top