Loading
Prestasi Perguruan Pencak Silat Phashadja Mataram

Prestasi Perguruan Pencak Silat Phashadja Mataram

PENCAKSILAT.TV-Prestasi Perguruan Pencak Silat Phashadja Mataram.

Perguruan Pencak Silat Phashadja Mataram Didirikan oleh K.R.T. Soetardjonegoro pada tanggal 20 Oktober 1950 di Yogyakarta. Nama “Phashadja” berasal dari bahasa Sanskerta yang terdiri dari “Pha” yang berarti puasa, “Sha” yang berarti senjata, dan “Dja” yang berarti timbul, yang mengandung makna ilmu yang dapat dipraktikkan melalui puasa, senjata, dan kemampuan lahir-batin.

Perguruan ini merupakan salah satu dari sepuluh Perguruan Historis pendiri Ikatan Pencak Silat. Phashadja Mataram dikenal karena hanya menerima siswa laki-laki dan memiliki tradisi pembelajaran yang melibatkan aspek fisik dan spiritual, di mana para siswa harus lulus riyadhoh puasa dan sholat malam saat kenaikan tingkat.

Phashadja Mataram adalah sekolah Pencak Silat bersejarah di Yogyakarta, Indonesia, yang didirikan pada tahun 1950 oleh KRT. Soetardjonegoro. Sekolah ini memiliki tradisi hanya menerima siswa laki-laki dan merupakan salah satu dari sepuluh sekolah bersejarah berdirinya Persatuan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Nama Phashadja Mataram berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “ilmu yang dapat diamalkan melalui puasa, senjata, dan kemampuan (jasmani dan spiritual).” Sekolah ini terkenal dengan struktur semi-organisasinya, di mana pemimpin atau grandmasternya secara eksklusif merupakan keturunan langsung dari K.R.T. Soetardjonegoro.

Prestasi dari perguruan Pencak Silat Phashadja Mataram mencakup tradisi pembelajaran yang melibatkan aspek fisik dan spiritual. Para siswa diwajibkan untuk lulus riyadhoh puasa dan sholat malam saat kenaikan tingkat.

Pendekar besar atau pemimpin dari perguruan ini hanya berasal dari keturunan langsung K.R.T. Soetardjonegoro. Perguruan ini Didirikan pada tanggal 20 Oktober 1950 di Yogyakarta.

Phashadja Mataram dikenal sebagai salah satu dari sepuluh Perguruan Historis pendiri Ikatan Pencak Silat. Salah satu ciri khas perguruan ini adalah hanya menerima siswa laki-laki

Sekolah Phashadja Mataram memiliki tradisi hanya menerima siswa laki-laki dan dikenal dengan struktur semi-organisasi, di mana pemimpin atau grandmaster secara eksklusif merupakan keturunan langsung dari K.R.T. Soetardjonegoro.

Selain Phashadja Mataram, ada beberapa perguruan Pencak Silat lain yang berasal dari K.R.T. Soetardjonegoro.

Demikian Prestasi Perguruan Pencak Silat Phashadja Mataram. MAR. (*)

Top