Loading
Ajaran dan Filosofi Phashadja Mataram

Keunggulan Phashadja Mataram: Menuai Banyak Pujian dari Perguruan Lainya

PENCAKSIALT.TV-Keunggulan Phashadja Mataram: Menuai Banyak Pujian dari Perguruan Lainya.

Phashadja Mataram didirikan oleh K.R.T. Soetardjonegoro pada tanggal 20 Oktober 1950, di Yogyakarta, Indonesia. Merupakan sekolah pencak silat semi terorganisir yang hanya menerima siswa laki-laki dan dipimpin oleh keturunan langsung K.R.T.

Soetardjonegoro. Nama “Phashadja Mataram” berasal dari bahasa Sansekerta, yang berarti kemampuan untuk mencapai sesuatu melalui latihan dan keterampilan.

Sekolah memiliki tradisi melatih siswanya tidak hanya dalam pertarungan fisik tetapi juga nilai-nilai moral dan etika. Phashadja Mataram merupakan salah satu dari sepuluh aliran sejarah yang mendirikan organisasi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Pada artikel kali ini, sobat Pencak Silat Tv akan menguraikan beberapa kriteria perguruan  Phashadja Mataram yang menjadi salah satu keunggulan dari perguruan ini. Phashadja Mataram memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  1. Tradisi Keturunan Langsung: Hanya menerima pemimpin atau pendekar besar yang berasal dari keturunan langsung K.R.T. Soetardjonegoro.

  2. Perguruan ini mengajarkan tidak hanya keterampilan bela diri fisik, tetapi juga nilai-nilai moral dan etika.

  3. Eksklusivitas Gender: Memiliki tradisi hanya menerima siswa laki-laki.

  4. Phashadja Mataram adalah salah satu perguruan sejarah asli Yogyakarta dan merupakan salah satu dari sepuluh perguruan sejarah pendiri Ikatan Pencak Silat Indonesia.

Keunggulan-keunggulan ini mencerminkan nilai-nilai sejarah, warisan budaya, dan tradisi yang dijunjung tinggi dalam konteks pencak silat di Indonesia.

Salah satu pretasi dari perguruan Phashadja Mataram ia merupakan salah satu dari sepuluh perguruan sejarah yang berjasa besar terhadap berdirinya Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan memiliki tradisi pembelajaran yang melibatkan aspek fisik dan spiritual.

perguruan ini merupakan salah satu dari perguruan sejarah yang berjasa besar dengan berdirinya Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Berikut ini beberapa program pembelajaran yang umum ditemukan dalam perguruan pencak silat umum:

  1. Melibatkan pelatihan keterampilan bela diri fisik, khususnya dalam aspek kampokan dan bela diri.

  2. Menekankan pada aspek spiritual dan moral dalam meningkatkan kesejahteraan dan kesejahteraan siswa.

  3. Selain mencakup pembelajaran yang lebih umum, seperti seni kimia, seni perjuangan, dan lainnya yang berkaitan dengan pencak silat.

Demikian Keunggulan Keunggulan Phashadja Mataram: Menuai Banyak Pujian dari Perguruan Lainya. MAR (*)

Top