Loading
Profil Pendekar Phashadja Mataram

Profil Pendekar Phashadja Mataram Gagah Perkasa

PENCAKSILAT.TV-Profil Pendekar Phashadja Mataram Gagah Perkasa.

Phashadja Mataram adalah sekolah seni bela diri bersejarah (perguruan) di Yogyakarta, Indonesia, yang didirikan oleh K.R.T. Soetardjonegoro pada tahun 1950.

Phashadja Mataram Merupakan sekolah semi terorganisir, dan pemimpin atau grandmasternya secara eksklusif adalah keturunan langsung dari K.R.T. Soetardjonegoro. Sekolah memiliki tradisi hanya menerima siswa laki-laki.

Nama “Phashadja Mataram” berasal dari bahasa Sansekerta dan menandakan kemampuan untuk mencapai sesuatu melalui latihan dan keterampilan. Sekolah tersebut merupakan salah satu dari sepuluh sekolah sejarah yang mendirikan organisasi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Pada artikel kali ini, sobat Pencak Silat Tv akan menguraikan tentang Profil Pendekar Phashadja Mataram yang Gagah Perkasa.

Keturunan langsung dari K.R.T. Soetardjonegoro yang menjadi pemimpin atau pendekar besar di Phashadja Mataram adalah K.R.T. Soetardjonegoro itu sendiri. KRT Soetardjonegoro adalah pendekar tertua dan pencak kampokan terkemuka di Indonesia. Ia merupakan penghuni pencak silat dan berbagai prestasi di bidang olahraga dan seni berkimia.

Phashadja Mataram didirkan oleh K.R.T. Soetardjonegoro pada tanggal 20 Oktober 1950 di Yogyakarta.

Nama Phashadja apabila diurai yaitu Pha dari phasa atau puasa, Sha dari shanjata atau senjata, dan Dja dari djumedul atau timbul, mengandung makna keluarnya senjata melalui sarana puasa.

Sehingga, murid-murid Phashadja Mataram selain digembleng fisik juga ketika kenaikan tingkat harus lulus riyadhoh puasa dan sholat malam.

Tapi yang menjadi salah satu keunikan dalam prguruan Phashadja Mataram yaitu tentang pemimimpin, dalam perguruan ini yang bisa menjadi pemimpin atau pendekar besar hanya keturunan langsung dari K.R.T. Soetardjonegoro.

Selain itu pergurauan ini terkenal  bukan hanya pada jurus dan ajaran namun Phashadja Mataram sebagai salah satu perguruan pencak silat yang bersejarah dan memiliki prinsip-prinsip yang menjadi perhatian perguruan lainya, diantaranya adalah sebgai berikut:

  1. Tradisi Keturunan Langsung: Hanya menerima pemimpin atau pendekar besar yang berasal dari keturunan langsung K.R.T. Soetardjonegoro.

  2. Perguruan ini mengajarkan tidak hanya keterampilan bela diri fisik, tetapi juga nilai-nilai moral dan etika.
  3. Eksklusivitas Gender: Memiliki tradisi hanya menerima siswa laki-laki.

Prinsip- prinsip ini mencerminkan nilai-nilai sejarah, warisan budaya, dan tradisi yang dijunjung tinggi dalam konteks pencak silat di Indonesia.

Demikian Profil Pendekar Phashadja Mataram Gagah Perkasa. MAR (*)

Top