Loading
Keunikan PPSI

Keunikan Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI).

PENCAKSILAT.TV-Keunikan Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI).

Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) didirikan pada 17 Agustus 1957 di Bandung, Jawa Barat, sebagai organisasi pembinaan perguruan-penguruan pencak silat tradisional.

PPSI didirikan untuk memperkuat komunitas Pencak Silat dalam menghadapi pemberontakan DI/TII di Jawa Barat, Jakarta, Jawa Tengah.

PPSI memiliki tujuan untuk mengkoordinasikan dan melaksanakan pembinaan kegiatan pencak silat di dalam pelestarian, pengembangan, dan peningkatan kualitas seni dan budaya serta prestasi pencak silat secara menyeluruh.

PPSI juga diharapkan menjadi induk organisasi pencak silat tradisi nasional. Dalam hal tujuan, PPSI lebih banyak membina aspek seni pertunjukan, sementara Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) lebih fokus pada aspek olahraga.

Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) memiliki keunikan dalam fokus pembinaannya. PPSI lebih banyak membina aspek seni pertunjukan, sementara Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) lebih fokus pada aspek olahraga.

Pada artikel kali  ini, sobat Pencak Silat akan menguraikan tentang keunikan Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI). Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) memiliki beberapa keunikan, di antaranya:

  1. Fokus pada seni pertunjukan: PPSI lebih banyak membina aspek seni pertunjukan, sementara Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) lebih fokus pada aspek olahraga.
  2. Akan menjadi induk organisasi pencak silat tradisi nasional: PPSI diharapkan menjadi induk organisasi pencak silat tradisi nasional.

  3. Standar pertandingan dan ukuran lapangan pencak silat: PPSI dan IPSI memiliki perbedaan dalam hal standar pertandingan dan ukuran lapangan pencak silat.

  4. Sejarah pembentukan: PPSI didirikan pada 17 Agustus 1957 di Bandung, Jawa Barat, sebagai organisasi pembinaan perguruan-penguruan pencak silat tradisional. PPSI didirikan untuk memperkuat komunitas Pencak Silat dalam menghadapi pemberontakan DI/TII di Jawa Barat, Jakarta, Jawa Tengah.

Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) didirikan pada 17 Agustus 1957 di Bandung, Jawa Barat, dengan maksud mengkoordinasikan dan melaksanakan pembinaan kegiatan pencak silat di dalam pelestarian, pengembangan, dan peningkatan kualitas seni dan budaya serta prestasi pencak silat secara menyeluruh.

Beberapa tujuan utama dalam pembentukan PPSI meliputi:

  1. Membangun kekuatan teritorial masyarakat melalui pembinaan dengan titik berat pada seni pertunjukan guna melawan DI/TII yang beroperasi di Jawa Tengah bagian barat, Jawa Barat, Jakarta, sampai Lampung.

  2. Mempersatukan, membina persaudaraan, dan kesetiakawanan antar perguruan pencak silat dalam rangka meningkatkan peran serta mengangkat harkat dan martabat bangsa.
  3. Membantu kolonial Hidajat dan kolonel Harun membentuk PPSI (Persatuan Pencak Silat Indonesia) untuk melawan DI/TII yang beroperasi di Jawa Tengah bagian barat, Jawa Barat, Jakarta, sampai Lampung.

Dalam hal tujuan, PPSI lebih banyak membina aspek seni pertunjukan, sementara Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) lebih fokus pada aspek olahraga.

Demikian Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) yang menjadi banyak perhatian dari perguruan silat lainya. MAR (*) 

Top