Loading

Nilai Moral Dalam Pelatihan PS Cimande

PENCAK SILAT.TV- Nilai Moral Dalam Pelatihan PS Cimande.

Pencak silat Cimande adalah seni budaya bela diri yang mengandung nilai-nilai , norma-norma maupun perilaku yang di junjung tinggi.

Yang diwariskan dari leluhur Cimande kepada generasi-generasi secara turun-temurun sebagai hasil proses sejarah dan merupakan tradisi dalam kehidupan masyarakat keluarga besar pencak silat Cimande berdasarkan taleq.

Di dalam kehidupan keluarga besar pencak silat Cimande , Taleq ini merupakan kode etik yang harus ditaati dan ditepati oleh keluarga besar Cimande dengan sebaik-baiknya.

Taleq Cimande sebagai kebudayaan telah menunjukan nilai-nilai hidup dan makna susila yang berjiwa selaras dengan Pancasila, merupakan pendukung penghayatan nilai-nilai yang luhur dari Budaya Indonesia.

Hakikat kepribadian taleq Cimande meliputi ketakwaan terhadap sang pencipta, patuh pada negara, berbudi luhur dan memelihara kerukunan dalam kehidupan beragam.

Setiap anggota Cimande diharuskan menjalankan taleq dalam kehidupan sehari-hari.

Taleq Cimande pada dasarnya merupakan landasan falsafah sebagai pegangan hidup keluarga besar pencak silat Cimande.

Dengan pegangan hidup itu mereka dapat kuat tidak terombang ambing dalam perjalanan hidupnya, karena dengan falsafahnya itu jelas pula apa yang menjadi dasar tujuannya.

Tak heran jika dalam pelatihan PS Cimande terkandung nilai moral untuk menumbuhkan peribadi yang luhur.

Nilai moral yang terkandung dalam pelatihan PS Cimande antara lain yaitu:

1. Rasa Hormat

Rasa hormat terhadap orang lain ditekankan dalam kode etik sistem, yang mendorong penghindaran konflik dan mendorong keharmonisan

2. Toleransi

PS Cimande mengedepankan toleransi dan pengertian terhadap orang lain, yang tercermin dalam penekanan sistem pada menghindari konflik dan mengedepankan keharmonisan.

3. Non-Kekerasan

Teknik dan filosofi pertahanan sistem, yang secara tegas melarang siswa terlibat dalam pertempuran, selaras dengan nilai-nilai dasar Pencak Silat

Penekanan pada pertahanan dan penghindaran konflik mencerminkan nilai-nilai budaya non-kekerasan dan harmoni dalam masyarakat Indonesia.

4. Kesehatan dan Kesejahteraan

PS Cimande juga memiliki sejarah penyembuhan dan pengembangan energi internal, yang merupakan aspek penting dari sistem

Aspek-aspek sistem ini berkontribusi terhadap kesejahteraan individu dan masyarakat secara keseluruhan, meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan spiritual.

5. Kejujuran dan Integritas

Nilai-nilai kejujuran dan integritas menjadi landasan penting dalam pengawasan sejawat dan feedback dalam pelatihan PS Cimande

Menjunjung tinggi nilai kejujuran dan kebenaran, menepati janji, dan menjunjung tinggi prinsip moral juga ditekankan dalam sistem tersebut

PS Cimande menekankan nilai-nilai moral yang mencerminkan nilai-nilai budaya hormat, toleransi, non-kekerasan, dan kesejahteraan dalam masyarakat Indonesia.

Nilai-nilai ini dimasukkan ke dalam filosofi, teknik, dan kode etik sistem, mempromosikan pendekatan holistik dalam pelatihan seni bela diri.

Nilai tersebut juga selaras dengan taleq yang telah diajarkan dalam PS Cimande sebagai wujud sikap dan perilaku dalam kehidupan yang dijunjung tinggi. MAR(*)

Top