Loading
Materi UKT satu Perisai diri

Materi UKT Dasar Satu Pencak Silat Perisai Diri

PENCAKSILAT.TV-Materi UKT Dasar Satu Pencak Silat Perisai Diri.

Materi UKT Dasar satu Perisai Diri meliputi beberapa teknik dasar yang diajarkan dalam senam silat Perisai Diri. Berikut adalah beberapa teknik yang diajarkan dalam materi UKT Dasar satu Perisai Diri:

  1. Rangkaian Senam Teknik Tangan Kosong: Rangkaian senam teknik tangan kosong meliputi beberapa teknik dasar seperti bersikap pendeta ke-a, maju a pukul pendeta a, dan lain-lain.

  2. Serang Hindar, Serang Hindar Balas, dan Beladiri: Serang Hindar adalah salah satu metode latihan berpasangan di silat Perisai Diri yang dikenal dengan sebutan Serang Hindar. Metode ini telah diformulasikan oleh Pak Dirdjo agar bisa memberi rasa aman bagi kedua pesilat. Selama berlatih, pesilat diminta untuk melakukan serangan dan hindaran yang sesuai dengan pedoman teknik silat Perisai Diri. Metode berpasangan lain yang dilatihkan di Perisai Diri adalah Beladiri.

  3. Teknik Naga: Naga dilambangkan sebagai binatang terkuat di jajaran teknik silat Perisai Diri. Keunikan dari teknik Naga terdapat pada cara langkahnya yang selalu mengandung putaran. Hal ini dilakukan untuk menuju poros tengah lawan saat menghindar, memapas ataupun menyerang.

  4. Teknik Satria: Teknik Satria adalah teknik manusia pertama yang dipelajari setelah mempelajari teknik hewan. Pada tingkat ini, pesilat dianggap telah mampu menerapkan seluruh kemampuan dari teknik hewan pada tingkatan-tingkatan sebelumnya. Sebagai suatu teknik manusia, Satria akan mulai meninggalkan karakter kehewananannya, seperti liar, buas dan brutal. Satria akan berfikir tepat sebelum bertindak dan melaksanakan geraknya dengan penuh percaya diri.

  5. Teknik Putri: Teknik Putri adalah teknik tertinggi di silat Perisai Diri. Putri biasanya hanya bereaksi terhadap serangan lawan. Ia tidak berinisiatif melakukan serangan terlebih dahulu.

Materi UKT Dasar satu Perisai Diri juga meliputi teknik kombinasi dan teknik beladiri yang diajarkan dalam latihan berpasangan. Selain itu perisai diri juga memiliki Teknik dasar yang  melibatkan berbagai teknik yang digunakan dalam senam silat Perisai Diri. Berikut adalah beberapa teknik dasar dalam Perisai diri.

  1. Teknik Senjata Pada Tingkatan Dasar: Teknik-teknik ini melibatkan penggunaan tangan kosong sebagai alat perang melawan.

  2. Teknik Naga Naga: Teknik ini merupakan binatang terkuat di jajaran teknik silat Perisai Diri. Langkahnya mengandung putaran dan menjadi keunikan dari teknik naga yang dilakukan untuk memapas atau menyerang. Teknik ini mengincar daerah atas seperti dada, kepala, dan terkadang menggunakan lompatannya Harimau menggunakan perlengkapan seperti cakar, telapak tangan, lutut, tumit, dan telapak kaki saat menyerang. Target sasaran serangan antara lain mata, muka, telinga, leher, dada, pergelangan badan, kemaluan, lutut, dan kulit.

  3. Teknik Putri: Teknik tertinggi di Perisai Diri adalah teknik putri dengan karakter yang bisa berubah-ubah menjadi lembut atau keras, tergantung pada situasi dan kebutuhan.

  4. Teknik Tangan Kosong: Beberapa teknik tangan kosong yang digunakan dalam Perisai Diri meliputi pendekatan langsung, pukul, setria, dan pancer.

  5. Berpasaung: Berpasaung adalah salah satu teknik dasar yang digunakan dalam Perisai Diri.

Tahapan pelajaran silat Perisai Diri meliputi pengenalan, pengertian, penerapan, pendalaman, dan penghayatan. Selama pelajaran, pemahaman dan penerapan teknik-teknik dasar akan membantu pempelajar mengembangkan keterampilan dalam senam silat Perisai Diri.

Demikian Materi UKT Dasar satu Pencak Silat Perisai Diri. MAR (*)
Top