Loading
10 Perguruan Silat Asli Jawa Timur Yang Terkenal

10 Perguruan Silat Asli Jawa Timur Yang Terkenal

PENCAKSILAT.TV-10 Perguruan Silat Asli Jawa Timur Yang Terkenal.

Banyak perguruan silat lahir dari Jawa Timur karena provinsi ini memiliki sejarah yang kaya dalam pengembangan seni bela diri, terutama pencak silat. Jawa Timur dikenal sebagai salah satu pusat pengembangan pencak silat di Indonesia, dengan banyak perguruan silat asli yang bermunculan di berbagai daerah di provinsi ini.

Hal ini dapat dikaitkan dengan tradisi dan budaya bela diri yang kuat di Jawa Timur, serta peran penting para tokoh dan pendiri perguruan silat dalam melestarikan dan mengembangkan seni bela diri di wilayah ini. Selain itu, adanya festival-festival seni pencak silat yang diselenggarakan di Jawa Timur juga turut memperkuat posisinya sebagai salah satu pusat pengembangan seni bela diri di Indonesia.

Pada artikel kali ini Sobat Pencak Silat Tv menguraikan beberapa Perguruan Silat asli jawa timur yang terkenal.

Berikut adalah beberapa perguruan silat asli Jawa Timur yang terkenal:

  1. Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda (PSHW): Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda didirikan oleh Ki Ngabehi Soerodwirjo atau yang sering disebut dengan Eyang Suro pada tahun 1917. Pusat perguruan ini berada di Jalan Doho No. 123, Winongo, Manguharjo, Madiun, Jawa Timur. 
  2. Persaudaraan Setia Hati Terate: Persaudaraan Setia Hati Terate merupakan salah satu perguruan silat asli Jawa Timur yang berpusat di Kota Madiun. 
  3. Pencak Silat Nahdatul Ulama Pagar Nusa: Pencak Silat Nahdatul Ulama Pagar Nusa gelar acara Festival Silat Nusantara di Jembatan Merah Plaza, Surabaya, diikuti oleh 27 kontigen, dengan 210 peserta, termasuk dari Surabaya, Sidoarjo, Gersik, dan Bangkalan.

  4. Persatuan Setia Hati Terate (PSHT): Persatuan Setia Hati Terate merupakan perguruan silat asli Jawa Timur yang berpusat di Kota Madiun.

  5. Pencak Silat Cempaka Putih (PSCP): Sebelumnya bernama Silat Mardi Anoraga Sakti, Pencak Silat Cempaka Putih merupakan perguruan silat asli Jawa Timur.

  6. Keluarga Persilatan Ki Ageng Pandan Alas: Keluarga Persilatan Ki Ageng Pandan Alas berpusat di Kabupaten Madiun.

  7. Persatuan Hati (PH): Persatuan Hati merupakan perguruan silat asli Jawa Timur yang berpusat di Ponorogo.

  8. Perguruan Pencak Silat Bela Diri Tangan Kosong (PPS Betako) Merparti Putih: Perguruan ini berpusat di Jember, Jawa Timur.

  9. Seni Bela Diri Silat Budi Suci Melati: Seni Bela Diri Silat Budi Suci Melati merupakan perguruan silat asli Jawa Timur yang berpusat di Jember, Jawa Timur.

  10. Walet Hitam: Walet Hitam merupakan perguruan silat asli Jawa Timur yang berpusat di Jember, Jawa Timur.

Demikian 10 Perguruan Silat Asli Jawa Timur Yang Terkenal. MAR (*)

Top