Loading
Sejarah Pencak Silat dan Tenaga Dalam Sunan Kalijaga

Sejarah Pencak Silat dan Tenaga Dalam Sunan Kalijaga

PENCAKSILAT.TV-Pencak Silat dan Tenaga Dalam Sunan Kalijaga.

Sebelum Indonesia merdeka pencak silat ikut andil dalam perjuangan bangsa dalam melawan penjajah baik Belanda maupun penjajah Jepang. Hal ini dibuktikan pada masa penjajahan sudah banyak bermunculan nama-nama perguruan/aliran pencak silat yang bertujuan untuk membekali pejuang dalam melawan penjajah.

Sebab karena itu sampai sekarang Seni beladiri atau pencak silat dilestarikan di indonesia bahkan dijadin ajang komptisi dalam setiap tahunya guna untuk menyambung tali persaudaraan antar perguruan. Hingga sampai sekarang banyak bermunculan aliran atau sebuah perguruan dengan keberagaman budaya dan agama di indonesia.

Pencak Silat dan Tenaga Dalam Sunan Kalijaga adalah sebuah perguruan pencak silat yang didirikan oleh Bayu Kurniawan pada tahun 1993 di Surabaya, Jawa Timur. Perguruan ini meneruskan perguruan pencak silat “Tabib Ketimuran Koeshartoyo” yang didirikan pada tahun 1935 di desa Ketanggi, Kabupaten Ngawi.

Tapak 9 Sunan Kalijaga adalah perguruan pencak silat yang memiliki keunggulan jurus tenaga dalam asmaul husna dan memiliki perewangan dari bangsa Santri. Aspek spiritual dalam pencak silat merupakan sebuah pembelajaran untuk memiliki hubungan kerohanian agar dekat dengan Tuhan.

Untuk mempelajari Pencak Silat dan Tenaga Dalam Sunan Kalijaga, seseorang biasanya bergabung dengan perguruan yang mengajarkannya. Perguruan ini dapat memberikan pelatihan dalam berbagai aspek, termasuk teknik bela diri, keterampilan mental, dan aspek spiritual.

Pelatihan biasanya melibatkan latihan fisik, meditasi, dan pembelajaran tentang filosofi dan nilai-nilai ajaran. Selain itu, para pelatih yang sudah disahkan oleh perguruan harus menjalani pengabdian minimal untuk memantapkan keterampilan dan nilai-nilai ajaran yang diterima.

Aspek spiritual dalam pencak silat merupakan pembelajaran untuk memiliki hubungan kerohanian agar dekat dengan Tuhan. Dan pada dasarnya tujuan dari perguruan pencak silat adalah untuk melestarikan seni bela diri tradisional dan mengembangkan keterampilan fisik, mental, dan spiritual para anggotanya.

Selain itu, ajaran dalam Pencak Silat dan Tenaga Dalam Sunan Kalijaga juga dapat membantu para praktisi untuk memperoleh keseimbangan dan harmoni dalam hidup mereka.

Demikian Pencak Silat dan Tenaga Dalam Sunan Kalijaga. MAR (*)

Top