Loading

7 Prinsip dalam Pencak Silat PSHT

PENCAK SILAT.TV- 7 Prinsip dalam Pencak Silat PSHT.

Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) merupakan salah satu perguruan pencak silat tertua di Indonesia.

PSHT juga disebut sebagai 10 perguruan historis karena turut mendirikan dan mengembangkan Ikatan Pencak Silat Indonesia.

Pencak silat ini berdiri sekitar tahu 1922 yang diketuai oleh Ki Hardjo Oetomo di Madiun Jawa Timur.

PSHT memiliki sejarah yang menarik, dimulai dari Sedulur Tunggal Kecer yang merupakan putra sulung dari Ki Ngabehi Soeromihardjo, seorang mantri cacar di daerah Ngimbang, Jombang, Jawa Timur

Ki Ageng Ngabehi Soerodiwirjo, yang merupakan putra dari Sedulur Tunggal Kecer, memiliki ketertarikan pada seni bela diri pencak silat dan pergi ke berbagai daerah untuk mengasah kemampuan silatnya.

Organisasi ini memiliki inti unsur pembelaan diri untuk mempertahankan keselamatan, kebahagiaan, dan kebenaran.

Pendidikan pencak silat di PSHT memiliki inti unsur pembelaan diri untuk mempertahankan keselamatan, kebahagiaan, dan kebenaran.

Materi yang diajarkan komprehensif untuk 3 kelompok, yaitu kelompok pencak silat ajaran (pemula) yang terdiri dari Ki Hajar Harjo Utomo salah satunya.

PSHT juga dikenal dengan perguruan silat yang mempunyai banyak jurus dan teknik dasar yang harus dikuasai oleh anggotanya sesuai dengan tingkatannya.

Selain falsafah ajaran, dalam PSHT juga terdapat prinsi-prinsip yang meliputi beberpa aspek yaitu sebagai berikut.

1. Pembelaan diri

Prinsip utama dalam pencak silat adalah pembelaan diri, yang berfungsi untuk melindungi diri dari serangan musuh.

2. Kerahasiaan

Informasi yang dikomunikasikan melalui sistem komunikasi rahasia PSHT harus dijaga dengan sangat rapi dan hanya diterima oleh anggota yang telah dipercaya.

3. Kepercayaan

Kode Persaudaraan PSHT hanya dapat berfungsi jika terdapat kepercayaan yang kuat di antara anggota.

4. Kesetiaan

Kode Persaudaraan merupakan simbol dari kesetiaan terhadap persaudaraan dan prinsip-prinsip PSHT. Setiap anggota diharapkan tetap setia dan menghormati nilai-nilai yang dijunjung tinggi dalam organisasi.

5. Kejujuran

Kode Persaudaraan tidak hanya melibatkan rahasia komunikasi, tetapi juga memerlukan kejujuran dalam menjalankan kode ini

6. Kesetiaan

Kode Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) merupakan simbol dari kesetiaan terhadap persaudaraan dan prinsip-prinsip PSHT. Setiap anggota diharapkan tetap setia dan menghormati nilai-nilai yang dijunjung tinggi dalam organisasi

7. Kerohanian/ke-SH-an (ajaran budi luhur)

Dalam ajaran pencak silat PSHT, terkandung unsur-unsur seperti persaudaraan, olahraga, bela diri, seni budaya, dan kerohanian/ke-SH-an (ajaran budi luhur).

Itulah 7 prinsip dalam pencak silat PSHT yang perlu kamu ketahui sebelum bergambung dalam perguruan silat ini. MAR (*)

Top