Loading
Ajaran dan Prinsip Pencak Silat Cempaka Putih (PSCP)

Ajaran dan Prinsip Pencak Silat Cempaka Putih (PSCP)

PENCAKSILAT.TV-Ajaran dan Prinsip Pencak Silat Cempaka Putih (PSCP).

Pencak Silat Cempaka Putih (PSCP) Memiliki ke unggulan yang menjadi pemebda dari perguruan lainya. Keunggulan PSCP antara lain fokus pada teknik bela diri tradisional, bela diri, kebugaran jasmani, dan disiplin mental. PSCP juga dapat menawarkan rasa kebersamaan dan peluang untuk pengembangan pribadi.

Selain dengan keunggulan diatas, perguruan ini juga memiliki prinsip yang dipegang teguh oleh segenap para pengikut hususya para tokoh atau pendekarnya. prinsip-prinsip Pencak Silat secara umum meliputi bela diri, kebugaran jasmani, disiplin mental, serta menghormati tradisi dan budaya. Pencak Silat juga menekankan pentingnya mengembangkan karakter yang kuat, antara lain rendah hati, tekun, dan menghargai orang lain.

Pencak Silat Cempaka Putih (PSCP) Didirikan oleh Bapak Wagiman pada tanggal 18 Juli 1974 di Kabupaten Magetan Sejarah singkat perguruan ini dimulai ketika Eyang Mursid, setelah mengembara ke berbagai daerah antara tahun 1923-1945, merangkumi jurus-jurus silat yang diperolehnya dan mendirikan perguruan pencak silat yang diberi nama MAS atau Mardi Anorga Sakti pada tahun 1964. Setelah kematian, perguruan ini dilanjutkan oleh Wagiman, yang kemudian secara resmi mendirikan Organisasi Olah Raga Bela Diri Cempaka Putih pada tahun 1974.

Pencak Silat Cempaka Putih (PSCP) memiliki ajaran yang mencakup prinsip-prinsip bela diri, olahraga, seni, ilmu lahir, dan ilmu batin. Beberapa prinsip yang ditekankan dalam ajaran PSCP antara lain.

  1. Taqwa kepada Tuhan yang maha esa.
  2. Patuh dan taat kepada orang tua, guru, atau pelatih.
  3. Patuh dan taat kepada tata tertib.

Selain itu, PSCP juga menitikberatkan pada pengembangan ilmu teknik pencak silat, ilmu tenaga dalam, ilmu terapi (penyembuhan), dan ilmu kerohanian. Melalui ajaran-ajaran ini, PSCP bertujuan untuk mempersiapkan para anggotanya menjadi pribadi yang berakhlakul karimah, berjiwa ksatria, dan berbudi luhur.

Kemudian dari pada itu beberap faktor penting yang harus kita kethaui dari perguruan ini adalah tentang manfaat mempelajari jurusnya diantaralain. Dapat dikatakan bahwa mempelajari jurus pembuka PSCP, seperti seni bela diri lainnya, dapat memberikan manfaat seperti peningkatan kebugaran fisik, disiplin diri, keterampilan bela diri, dan fokus mental.

Takhanya itu, hal ini dapat membantu dalam memahami prinsip-prinsip dasar dan teknik Pencak Silat, yang dapat berkontribusi pada kemahiran seni Pencak Silat secara keseluruhan. Untuk informasi lebih detail dan spesifik mengenai manfaat mempelajari jurus pembuka PSCP, disarankan untuk merujuk pada materi pelatihan resmi PSCP, instruktur, atau organisasi.

Demikian Ajaran dan Prinsip Pencak Silat Cempaka Putih (PSCP). MAR (*)

Top