Loading
Profil Guru Besar Perguruan Persaudaraan Rasa Tunggal (Persatu)

Profil Guru Besar Perguruan Persaudaraan Rasa Tunggal (Persatu)

PENCAKSILAT.TV-Profil Guru Besar Perguruan Persaudaraan Rasa Tunggal (Persatu).

RM Bagus Hary Soemardiantho merupakan guru besar atau ketua umum ke-VI Persaudaraan Rasa Tunggal (Persatu).

Raden Mas (RM) Bagus Hary Soemardiantho, meninggal dunia di RSUD Kota Madiun, Minggu (11/2/2024). Jenazah RM Bagus Hary Soemardiantho disemayamkan di Pemakaman Cangkring.

Madiun terkenal dengan bumi pendekar, karena banyak berdiri perguruan pencak silat dan melahirkan tokoh-tokoh pendekar termasyur. Bebeberapa tokoh Pendekar lahir dikota madiun maka tidak heran jika kota madiun dinobatkan sebagai bumi para pendekar. Tak hanya itu saja kota madiun jawa timur  juga banyak melahirkan tokoh besar tidak hanya sebatas pendekar namun para kiai dan ulama bahkan waliyullah yang terkenal mashur hingga sekarang dikenang sepanjang masa.

Pada artikel kali sobat pencak silat Tv akan mengupas Profil salah satu guru besar perguruan Persaudaraan Rasa Tunggal (Persatu) Kota Mmdiun Jawa Timur.

Persaudaraan Rasa Tunggal, Pencak Silat, dan Tenaga Dalam memiliki sejarah yang berakar di Madiun, Jawa Timur, Indonesia. Persaudaraan ini lahir pada Kamis Pon, tanggal 10 November 1955 di Madiun.

Persaudaraan Rasa Tunggal merupakan bela diri asli dari Madiun. Berpusat di Jalan Merapi nomor 23 Kota Madiun, Jawa Timur. Persatu, lahir, tumbuh, dan berkembang di kota pecel atau Kota Pendekar, sebutan Kota Madiun.

Nama Raden Mas Soenito Reksohamijoyo adalah tokoh pendiri Persaudaraan Rasa Tunggal. Ia adalah keturunan Adipati Madiun. RM Soenito merupakan putra dari RM Tumenggung Soelaiman Suro Hamisastro Prawirodirjo yang tak lain putra Pangeran Ronggo Prawirodirjo (Adipati Madiun).

RM Soenito adalah sosok yang mencintai seni bela diri dan budaya Jawa. Ia kemudian menciptakan jurus dan senam. Terdapat 28 jurus dan 80 senam. Berbekal itulah, Persaudaraan Rasa Tunggal lahir pada Kamis Pon, tanggal 10 November 1955 di Madiun.

Persaudaraan Rasa Tunggal merupakan salah satu bentuk ilmu bela diri yang menitikberatkan pada latihan pencak silat tenaga dalam. Persatu merupakan organisasi pencak silat yang menjunjung tinggi nilai persaudaraan dan persatuan.

Lambang dan kegiatan organisasi mencerminkan prinsip persaudaraan dan persatuan Islam antara para anggotanya. Selain itu, tujuan pendirian Persaudaraan Rasa Tunggal juga mencakup upaya untuk mempromosikan dan melestarikan seni bela diri pencak silat tradisional.

Demikian Profil Guru Besar Perguruan Persaudaraan Rasa Tunggal (Persatu). MAR (*)

Top