Loading
6 Deretan Guru Besar Persaudaraan Rasa Tunggal, Pencak Silat dan Tenaga Dalam

6 Deretan Guru Besar Persaudaraan Rasa Tunggal, Pencak Silat dan Tenaga Dalam

PENCAKSILAT.TV-6 Deretan Guru Besar Persaudaraan Rasa Tunggal, Pencak Silat dan Tenaga Dalam.
“Persaudaraan Rasa Tunggal, Pencak Silat dan Tenaga Dalam” sebagai istilah yang muncul dalam konteks Pencak Silat, seni bela diri asal Indonesia. Disebutkan sebagai perguruan (sekolah) yang didirikan oleh RM. Sutadi Rakhanta pada tahun 1972 di Madiun, Jawa Timur, dan menekankan persaudaraan, persatuan, dan kekuatan batin. Hasil pencarian juga memberikan informasi tentang peraturan dan ketentuan perlombaan Pencak Silat, sejarah dan perkembangan Pencak Silat di Indonesia, dan berbagai perguruan (sekolah) Pencak Silat lainnya.

Tujuan dari Persaudaraan Rasa Tunggal, Pencak Silat, dan Tenaga Dalam adalah untuk memupuk persaudaraan dan kebersamaan di antara anggotanya, menciptakan rasa persatuan dan kesatuan, terutama di kalangan siswa dan masyarakat, melalui latihan Pencak Silat dan prinsip-prinsip yang dianutnya.

Selain itu, tujuan pendiriannya juga mencakup upaya untuk mempromosikan dan melestarikan seni bela diri Pencak Silat tradisional, serta memupuk semangat dan tekad positif di kalangan pemuda. Organisasi ini juga mengajarkan energi dalam, yaitu salah satu bentuk ilmu bela diri yang menitikberatkan pada energi dalam.

Persaudaraan Rasa Tunggal, Pencak Silat dan Tenaga Dalam Terkenal tidak hanya ilmu dan kelihayan mereka dalam jurs-jurusnya, tapi dibalik itu semua perguruan ini mashur karena dipimpin oleh pendekar dari masa kemasa dan mahsyur hingga sekarang.

Berikut adalah Urutan Guru Besar Persaudaraan Rasa Tunggal, Pencak Silat dan Tenaga Dalam. Simak dan baca dengan seksama.

1. RM Soenito Reksohamijoyo (1955 – 1963)

2. RMP Soewaji Partohamijoyo (1963 – 1965)

3. Raden Ayu Sri Moenangsih (1965 – 1970)

4. RM Soenu Waspodo (Mas Nunuk ) (1970 – 1978)

5. RM Soetadi Rakhanta (1979 – 1981)

6. RM Bagus Hary Soemardiantho (Mas Gus) (1981 s/d sekarang, berpulang).

Selain pendekar ternama diatas tadi, Persaudaraan Rasa Tunggal, Pencak Silat dan Tenaga Dalam juga memiliki jurus yang kaya akan manfaat untuk kebugaran tubuh baik jasmani maupun rohani, diantaranya adalah sebagai berikut.

Latihan Pencak Silat dan Tenaga Dalam memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan jiwa. Beberapa manfaat dari latihan Pencak Silat antara lain meningkatkan koordinasi antara otak dan gerakan tubuh, meningkatkan fokus dan respon tubuh, melatih pernapasan dan kekuatan inti tubuh, serta meningkatkan kepercayaan diri. Sedangkan manfaat dari latihan Tenaga Dalam antara lain meningkatkan kesehatan fisik dan mental, meningkatkan konsentrasi dan ketenangan, serta membantu mengatasi stres dan kecemasan.

Demikian 6 Deretan Guru Besar Persaudaraan Rasa Tunggal, Pencak Silat dan Tenaga Dalam. MAR (*)

Top