Loading
Sejarah Perguruan Pencak Silat (PPS) Bintang Surya

Sejarah Perguruan Pencak Silat (PPS) Bintang Surya

PENCAKSILAT.TV-Sejarah Perguruan Pencak Silat (PPS) Bintang Surya.

Indonesia sangat terkenal dengan seni, salah satu seni yang populer hingga mendunia adalah seni bela diri. Seni bela diri di indonesia begitu banyak mcam dan ragamnya, bahkan tempat lahirnya pun sangat beragam namun diantara itu daerah paling banyak melahirkan aliran perguruan silat adalah pulau jawa.

Pada artikel kali ini sobata Pencak Silat Tv akan menguraikan perguruan yang lahir ditanah jawa tepatnya jawa timur. Berikut ini Sejarah Perguruan Pencak Silat (PPS) Bintang Surya.

Perguruan Pencak Silat (PPS) Bintang Surya memiliki sejarah yang berasal dari leluhur bangsa Indonesia. Pada tahun 1978, PPS Bintang Surya didaftarkan ke IPSI Kodya Surabaya.

Sejarah perguruan ini juga terkait dengan pengembangan ilmu dari leluhur, yang kemudian membentuk Kerukunan Pencak Silat Bintang Surya di Surabaya pada tahun 1969. Selain itu, PPS Bintang Surya memiliki tujuan untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga, serta melestarikan kebudayaan nenek moyang.

Tujuan Perguruan Pencak Silat (PPS) Bintang Surya antara lain adalah.

  1. Mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga.
  2. Melestarikan kebudaayaan nenek moyang.

Ini menunjukkan bahwa PPS Bintang Surya memiliki fokus pada pengembangan olahraga dan kebudayaan, serta upaya untuk melibatkan masyarakat dalam kegiatan-kegiatan tersebut.

Beberapa perguruan telah mengakui PPS Bintang Surya sebagai salah satu perguruan yang sudah mumpuni dianataranya adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Perguruan Pencak Silat (PPS) Bintang Surya diakui oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), yang terbukti dengan pendaftarannya ke IPSI Kodya Surabaya pada tahun 1978. Hal ini menunjukkan bahwa PPS Bintang Surya memiliki pengakuan resmi dari IPSI, sebuah organisasi yang mengawasi dan mengelola olahraga pencak silat di Indonesia.

Tak hanya itu perguruan ini  juga banyak di akui orang karena prinsip-prinsipnya. Prinsip Pencak Silat Perguruan Pencak Silat (PPS) Bintang Surya adalah “musuh tidak usah dilawan, cukup dinetralkan saja”.
Hal ini menunjukkan bahwa PPS Bintang Surya memiliki pendekatan yang lebih defensif dalam menghadapi musuh, dengan menghindari konfrontasi langsung dan lebih fokus pada teknik-teknik netralisasi. Selain itu, informasi mengenai prinsip-prinsip lain yang dianut oleh PPS Bintang Surya tidak ditemukan dalam sumber yang tersedia.
Demikian Sejarah Perguruan Pencak Silat (PPS) Bintang Surya. MAR (*)
Top