Loading
6 Dasar Pencak Silat PSHT Perlu Kamu Tahu!

6 Dasar Pencak Silat PSHT Perlu Kamu Tahu!

PENCAK SILAT.TV-  Pencak silat merupakan seni bela diri yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat baik dewasa maupun anak-anak.

Dalam pencak silat terdapat beberapa perguruan yang masyhur dan legendaris.

salah satunya adalah Persaudaraan Setia Hati yang dilahirkan oleh seorang pendekar dari Madiun Jawa Timur.

PSHT juga termasuk anggota IPSI yang telah memberikan kontribusi besar bagi perkembangan pencak silat Indonesia.

Selain jurus-jurus yang dipelajari, dalam perguruan PSHT terdapat dasar – dasar yang harus diketahui oleh anggotanya.

Berikut ini dasar PSHT yang perlu kamu ketahui.

1. Persaudaraan

Memiliki makna  yang begitu karib layaknya seperti saudara, pertalian persahabatan seperti pertalian saudara.

Di Organisasi PSHT ; apabila ada anak/orang dewasa ikuti latihan (memperoleh ajaran dari SH mereka dikumpulkan perasaan senasib yang seperti saudara) hingga muncul rasa apabila ada 1 yang sakit jadi yang lain bakal rasakan sakit juga.

2. Setia Hati

Arti memiliki keteguhan dalam hati (tak munafik). Siswa PSHT dilatih serta dididik memiliki keteguhan hati hingga memiliki pendirian yang kokoh, tak gampang goyah oleh rayu bujuk apa pun hingga tiap-tiap siswa ataupun anggota PSHT (WARGA SH) dapat menghindari diri dari beberapa karakter munafik.

3. Terate

Merupakan tumbuhan air berdaun melonjong lebar, bunganya putih terkadang ada yang merah jambu yang mekar pada malam hari.

Bunga terate dapat hidup di air yang bersih serta dapat hidup di air yang kotor namun tetaplah indah menawan.

Memiliki makna Siswa ataupun Warga SH Terate diinginkan dapat jadi suri tauladan yang baik untuk lingkungannya.

Apabila siswa/warga SH Terate hidup di daerah yang kelam (orang-orangnya suka judi, suka mabuk, suka zina, suka mengambil) jadi Orang terate itu mesti dapat menyadarkan anggota orang-orang yang sesat tadi kembali pada jalan yang benar, jangan pernah siswa/warga SH Terate jadi terperosok dilembah kekelaman juga.

4. Hati putih dipagari warna merah namun tetaplah bercahaya, tujuannya kalau manusia itu memiliki karakter yang baik serta terpuji (dilambangkan hati putih), tetapi satu segi manusia dibekali oleh nafsu. Di sini bila manusia dapat mengatur nafsunya jadi diinginkan hatinya bakal jadi suci/bersih serta bisa bercahaya (jadi penerang lingkungan). Harapannya siswa/Warga SH Terate sebaiknya dapat menggerakkan hidup yang baik dimasyarakat hingga dia dapat jadi penerang orang-orangnya.

5. Peta Merah Putih Berdiri Tegak

Berani lantaran benar takut lantaran salah. Merah bermakna berani ; tengah putih melambangkan kesucian. Kebernaran mesti ditegakkan dengan kesucian diri.

Siswa SH/Warga SH sebaiknya berani menegakkan kebenaran serta keadilan dimuka bumi ini tetapi mesti didasari kesucian diri (tanpa ada pamrih/imbalan/pujian)

6. Macam-macam senjata

Orang hidup itu sebaiknya memiliki pegangan, prinsip agar tak sesat hidupnya.

Itulah 6 Dasar PSHT yang dapat diterapkan oleh warganya dalam kehidupan sehari-hari. (MAR)*

Top