Loading
10 Senjata Silat Terbaik Perlu Kamu Tahu

10 Senjata Silat Terbaik Perlu Kamu Tahu

PENCAK SILAT.TV – Pencak silat merupaka seni bela diri yang mengunakan kekuatan fisik juga mental kerohanian.

Dalam pelatihan pencak silat seorang anggota dituntut untuk menguasai segala gerakan dan teknik baik tendangan maupun pukulan.

Selain menggunakan tendangan dan pulukan yang dilakukan dengan tangan kosong, dalam pelatihan pencak silat juga memiliki senajata yang biasa digunakan.

Sejata yang digunakan dalam penjak silat untuk memperkuat dan menambah daya serangan dan sebagai pertahanan pesilat.

Berikut ini senjata yang digunakan oleh pesilat dari berbagai perguruan dalam pertandingan maupun pertunjukkan.

Golok

Merupakan alat pemotong mirip parang yang memiliki banyak variasi dan terdapat di seluruh kepulauan Indonesia . Selain itu juga merupakan senjata yang ideal karena ukuran dan beratnya yang melengkapi gerakan alami seorang praktisi Silat .

Golok seringkali sangat tajam dan mampu menimbulkan kerusakan serius pada lawan. Saking populernya senjata ini, Federasi Pencak Silat Internasional memilih golok sebagai salah satu senjata wajib baik pada kategori tunggal maupun ganda.

Kerambit

Kerambit adalah pisau kecil melengkung menyerupai cakar dengan cincin jari di ujungnya. Menurut legenda dan tradisi Indonesia, desain karambit didasarkan pada cakar harimau.

Cincin pengaman karambit memberi pemiliknya pegangan yang aman dan retensi senjata yang tak tertandingi. Yang terpenting, cincin pengaman mencegah pisau tergelincir kembali ke tangan pengguna saat digunakan.

Selain itu untuk menjaga karambit tetap di tangan pengguna saat bergerak, dalam situasi licin, atau saat dalam posisi aneh.

Cincin ini juga memungkinkan Anda memperluas jangkauan senjata dengan membaliknya ke luar, hampir menggandakan jangkauan bilahnya.

Celurit / Sabit

Celurit adalah senjata melengkung yang bentuknya mirip sabit. Bentuk celurit yang berbentuk tanda tanya membuatnya sulit untuk mengelak dan melucuti senjatanya. Jika cukup tajam, ia dapat membelah tengkorak atau memenggal kepala.

Pisau melengkung umumnya lebih baik dalam memotong dibandingkan pisau lurus. Hal ini karena pisau tersebut memiliki luas permukaan mata pisau yang lebih panjang yang umumnya mengikuti gerakan pemotongan dan oleh karena itu kontak dengan target lebih lama.

Kekurangan dari celurit adalah gerakan menusuk dan menusuknya sedikit lebih sulit (lebih mudah menahan tebasan dibandingkan menusuk). Tapi, secara keseluruhan celurit merupakan senjata pilihan yang bagus.

Toya/Tongkat
Toya atau tongkat adalah tongkat yang terbuat dari rotan . Berbeda dengan Bo Jepang yang umumnya terbuat dari kayu, mainan ini kaku namun juga memiliki fleksibilitas.

Teknik Toya melibatkan pemotongan, ayunan, dan penusukan. Toya merupakan senjata jarak jauh ideal yang juga dapat digunakan untuk memblokir serangan senjata jarak jauh seperti pedang atau tombak.

Pisau
Meskipun senjata ini tidak benar-benar unik dalam silat, penerapan dan tekniknya bisa saja unik. Mereka mungkin adalah senjata paling umum dalam daftar ini, karena Anda bahkan dapat menganggap pisau taktis standar Anda sebagai pisau . Banyak gaya Silat memiliki teknik menyerang dan bertahan dalam kurikulum inti mereka.

Kemudahan penggunaan dan ketersediaannya menempatkannya pada daftar senjata teratas. Namun kemungkinan lawan Anda juga akan memilikinya sangat tinggi, yang tidak memberikan Anda keuntungan taktis apa pun, kecuali jika Anda tahu cara menggunakannya lebih baik daripada dia.

Trisula

Banyak organisasi Silat, termasuk IPSI (Persatuan Pencak Silat Seluruh Indonesia) yang memasang senjata ini di lambangnya. Bentuk dasar senjatanya adalah tongkat logam berbentuk cabang runcing, dengan dua cabang melengkung menonjol dari gagangnya.

Selain sebagai senjata pemukul, senjata ini juga efektif untuk memblokir dan menjebak senjata lainnya. Ini juga merupakan senjata tumbukan yang digunakan untuk mematahkan serangan senjata atau bahkan anggota tubuh yang masuk. Tepki tradisional terbuat dari logam, dan praktisi senior diketahui berlatih dengan tepki berat seberat 3 pon.

Senjatanya dapat dengan mudah dibalik dan gagang senjatanya juga digunakan untuk menyerang secara efektif. Senjata ini sulit untuk dikuasai, namun cukup efektif melawan pedang dan senjata jarak jauh lainnya.

Keris

Keris merupakan senjata tradisional semenanjung Melayu yang juga memiliki makna budaya yang cukup besar . Seringkali bilahnya bergelombang (tidak semua), pegangan yang biasanya terbuat dari kayu, dan pegangan pistol yang melengkung.

Hal ini terutama digunakan sebagai senjata tikam dengan bilah bergelombang yang menyebabkan lebih banyak kerusakan pada tubuh korban.

Karena tepi bergerigi akan bekerja lebih baik daripada tepi biasa untuk mengiris, terutama pada permukaan yang keras atau keras – gerigi cenderung menangkap dan memotong permukaan dengan mudah.

Kujang

Senjata tajam asli masyarakat Sunda di Jawa Barat, Indonesia . Kujang adalah pedang yang memiliki makna budaya dan spiritual dan terdapat banyak takhayul yang mengelilingi pedang tersebut.

Oleh karena itu, banyak bilah kujang yang dibuat untuk tujuan hiasan, bukan untuk pertempuran. Kujang biasanya memiliki lengkungan ke dalam pada bagian perut bilahnya, yang mungkin dapat digunakan untuk menjebak senjata.

Sarung

Sarung adalah senjata fleksibel yang digunakan dalam banyak gaya silat . Secara tradisional dipakai oleh masyarakat semenanjung Melayu ( Nusantara ) sebagai pakaian sederhana yang cocok untuk berdoa.

Seorang ahli silat dapat menggunakan sarung untuk mencekik, menjebak dan menjerat lawan. Seperti kipas , ini adalah senjata tidak mencolok lainnya yang dapat memasuki tempat di mana senjata lain tidak diperbolehkan.

Dengan latihan, seseorang dapat menggunakan sarung untuk menghasilkan efek yang menghancurkan atau untuk memblokir dan menundukkan lawan.

Kipas

enjata mirip kipas yang digunakan dalam banyak gaya Silat, sering ditampilkan dalam pertunjukan dan demonstrasi.

Kipas yang tertutup juga dapat digunakan sebagai tongkat kecil yang dapat menimbulkan kerusakan besar jika digunakan dengan bijak.

Saat dibuka, kipas dapat mengeluarkan suara yang keras sehingga mengalihkan perhatian lawan dan menyembunyikan serangan yang masuk.

Itulah 10 senjata terbaik yang biasanya digunakan ketika pertarungan dalam pencak silat. MAR(*)

Top