Loading
Pengertian Pencak Silat, Dan Aliranya

Pengertian Pencak Silat, Dan Aliranya

PENCAKSILAT.TV-Pengertian Pencak Silat, Dan Aliranya.

Istilah “sejarah” dalam konteks tertentu juga disebut sebagai hikayat, tambo, babad, riwayat, atau tarikh. Ini adalah istilah umum yang berhubungan dengan peristiwa masa lalu serta penemuan, koleksi, organisasi, dan penyajian informasi mengenai peristiwa ini.

Berikut ini Sobat Pencak Silat Tv akan menguraikan beberapa Sejarah dan alirany pencak silat di Indonesia yang dibagi menjadi beberapa tahap:

  1. Pada abad ke-7: Pencak silat berkembang dari keahlian masyarakat suku asli Indonesia.

  2. Pada abad ke-14: Pencak silat berkembang dari keahlian masyarakat Hindu-Buddha, serta disebarkan oleh para penyebar ajaran Islam pada abad ke-14.

  3. Pada zaman penjajahan: Banyak pahlawan nasional yang menekuni bela diri asli Indonesia, seperti Imam Bonjol, Cut Nyak Dhien, Pangeran Diponegoro, dan lainnya.

  4. Pada 18 Mei 1948: Didirikan organisasi pencak silat Indonesia yang bernama Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

  5. Pada 1987: Pencak silat telah dikenalkan kepada dunia di pertandangan SEA Games ke-14 di Jakarta.

  6. Pada 2021: Pencak silat masih berkembang dan memiliki peranan penting dalam pembentukan identitas nasional Indonesia.

Aliranya pencak silat di Indonesia dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti:

  • Pengembangan seni bela diri: Pencak silat berkembang dari keahlian masyarakat suku asli Indonesia, serta disebarkan oleh para penyebar ajaran Islam pada abad ke-14.

  • Pengembangan kebudayaan: Pencak silat memiliki akar asli Indonesia dan telah menjadi bagian dari kebudayaan Indonesia sejak abad ke-7.

  • Pengembangan identitas nasional: Pencak silat memiliki peranan penting dalam pembentukan identitas nasional Indonesia, seperti membentuk identitas baru yang bersifat nasional berbasis kebudayaan.

  • Pengembangan olahraga: Pencak silat telah dikenalkan kepada dunia di pertandangan SEA Games ke-14 pada tahun 1987 di Jakarta.

  • Pengembangan pendidikan dan kesehatan: Pencak silat memiliki fungsi sebagai media pendidikan jasmani dan rohani, serta sebagai upaya dalam memelihara kesehatan melalui olehraga.

Pengertian sejarah menurut para ahli beragam dan memiliki beberapa aspek. Berikut adalah beberapa pengertian sejarah menurut para ahli:

  1. J. Bank: Sejarah merupakan ilmu yang mempelajari dan menyelidiki perkembangan dari peristiwa atau kejadian di masa lalu.

  2. Herodotus: Sejarah merupakan kajian perputaran jatuh bangunnya masyarakat dan peradaban, yang membahas semua peristiwa yang terjadi dalam masyarakat atau peradaban sejak masa lalu hingga kini.

  3. Ibnu Khaldun: Sejarah merupakan catatan peradaban manusia, yang menjadi catatan tentang masyarakat dan peradaban dunia, termasuk perubahan yang terjadi pada watak manusia.

  4. Moh. Hatta dan Moh. Ali: Sejarah merupakan pemahaman masa lalu yang mengandung berbagai dinamika dan problematika manusia, yang dibuat oleh sejarawan.

  5. Robin Winks: Sejarah adalah pembelajaran tentang manusia dalam kehidupan masyarakat.

  6. W.H. Walsh: Sejarah itu menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia, yang meliputi tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia pada masa lampau pada hal-hal yang penting.

  7. Patrick Gardiner: Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.

  8. Sir Charles Firth: Sejarah merupakan ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.

  9. Nugroho Notosusanto: Sejarah merupakan peristiwa yang dialami manusia sebagai makhluk bermasyarakat, yang terkait dengan manusia.

  10. Nugroho Notosusanto: Sejarah merupakan peristiwa yang dialami manusia sebagai makhluk bermasyarakat, yang terkait dengan manusia.

Demikian Pengertian Pencak Silat, Dan Aliranya. MAR (*)

Top