Loading
Sejarah Pencak Silat Cikalong, Cianjur

Sejarah Pencak Silat Cikalong, Cianjur

PENCAKSILAT.TV-Sejarah Pencak Silat Cikalong, Cianjur.

Sejarah Pencak Silat Cikalong memiliki sejarah yang panjang dan bermula dari desa Cikalong, Kabupaten Cianjur. Pencak Silat Cikalong merupakan salah satu aliran yang terkenal di Jawa Barat dan diseluruh Nusantara. Aliran ini dikenal dengan cara bermain rasa, yaitu sensitivitas atau kepekaan rasa yang mampu membaca segala gerak lawan ketika anggota badan saling bersentuhan dan dapat melumpuhkannya. Ciri lainnya adalah ilmu pukulan (ulin peupeuhan-bahasa sunda) yang mengandalkan kecepatan gerak dan tenaga ledak.

Pencipta dan penyebar aliran Pencak Silat Cikalong adalah R. Djajaperbata atau dikenal dengan nama R.H. Ibrahim. Aliran ini mempunyai sejarah yang panjang dan telah memiliki berbagai aliran baru seperti aliran Cikaret dan Bojongherang.

Pada era yang sama, di Cianjur muncul tokoh Pencak Silat bernama Muhammad Kosim di Kampung Sabandar Karang Tengah Cianjur dikenal sebagai Mama Sabandar. Pencak Silat Cikalong telah menghasilkan berbagai tokoh-tokoh yang penting seperti R. Abah M. Sirod, R. Didi Muhtadi (Gan Didi), R.O. Saleh (Gan Uweh), Abah Aleh, R. Idrus, R. Muhidin.

Pencak Silat Cikalong berkembang di pasundan selain Cikalong, seperti di Cianjur, Kampung Majalaya, dan Kampung Sabandar. Di Cianjur, terdapat tokoh Pencak Silat bernama Muhammad Kosim, yang tinggal di Kampung Sabandar, Cianjur.

Di Kampung Majalaya, Cikalong, juga terdapat tokoh Pencak Silat yang merupakan pendekar besar dari Kampung Majalaya Cikalong, yang memperistri kakak perempuannya yaitu Nji Rd.Siti Hadijah. Namun tokoh utama atau guru besar perguruan ini adalah Pencipta dan penyebar aliran Pencak Silat Cikalong adalah R. Djajaperbata atau dikenal dengan nama R.H. Ibrahim.

Kemudian dari pada itu Silat Cikalong memiliki perbedaan dari perguruan lainya diantaranya adalah sebagai berikut:

Pencak Silat Cikalong berbeda dengan aliran pencak silat lainnya karena memiliki ciri permainan rasa yang mampu membaca segala gerak lawan ketika anggota badan saling bersentuhan dan dapat melumpuhkannya.

Ciri lainnya adalah ilmu pukulan (ulin peupeuhan-bahasa sunda) yang mengandalkan kecepatan gerak dan tenaga ledak. Aliran ini juga memiliki keunikan dalam bentuk ilmu yang dikenal dengan kata ‘air’, seperti Air sungai yang mempunyai kuatnya yang tidak dapat ditebak. Pencak Silat Cikalong telah berkembang menjadi salah satu aliran terkenal di Jawa Barat dan diseluruh Nusantara.

Demikian Sejarah Pencak Silat Cikalong, Cianjur. MAR (*)

Top