Loading
Sejarah Silat Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat

Sejarah Silat Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat

PENCAKSILAT.TV-Sejarah Silat Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat.

Pencak Silat Margaluyu merupakan merupakan salah satu dari sekian banyak perguruan silat tenaga dalam di Indonesia. Pendiri dari perguruan Pencak Margaluyu adalah S. Andadinata tau kerap disapa  Abah Andadinata.  Sebelum mendirikan perguruan ini, beliau terlebih dahulu berguru dengan Ajengan Asep Samsudin dari Cirebon dan Haji Ibrahim sang pendiri Silat Cikalong.

Pencak Margaluyu sebenarnya lebih berfokus ke ilmu beladiri pernafasan dan tenaga dalam, namun perguruan ini juga tetap memiliki gerak jurus yang memanfaatkan anggota tubuh layaknya pencak silat pada umumnya. Saat ini Gerak Badan Pencak Margaluyu sudah berkembang di seluruh Indonesia, sehingga pencak silat Jawa Barat ini menjadi salah satu aliran silat sunda tersukses selain silat cimande.

Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat merupakan salah satu pusat pelatihan yang berfungsi untuk melestarikan warisan para leluhur yang telah meninggalkan seni bela diri pencak Margaluyu. Berikut adalah sejarah pendiri dan pengaruh silat Cina dan Mande terhadap Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat:

  1. Sejarah Pendiri Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat: Andadinata, pendiri Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat, dilahirkan di Desa Ranca Bayawak yang berada di wilayah Majalaya. Saat beliau berpetualang di Cirebon, dia mendapatkan pengaruh silat Cina (Khun Tao) dan Mande
  2. Pengaruh Silat Cina (Khun Tao) dan Mande: Pengaruh silat Cina (Khun Tao) dan Mande dalam keilmuan Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat diperoleh Andadinata saat beliau berpetualang di Cirebon.

  3. Perkembangan Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat: Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat telah berperan penting dalam melestarikan warisan para leluhur yang telah meninggalkan seni bela diri pencak Margaluyu. Perguruan ini telah menjadi salah satu pusat pelatihan yang mengembangkan seni bela diri pencak Margaluyu Pusat.

  4. Peranan Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat: Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat memiliki peranan penting dalam melestarikan seni bela diri pencak Margaluyu Pusat. Perguruan ini berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan murid-murid dalam seni bela diri pencak Margaluyu Pusat.

  5. Prestasi Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat: Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat telah mencapai berbagai prestasi dalam seni bela diri pencak Margaluyu Pusat. Perguruan ini telah membangun semangat “Menuju Satu Abad Perguruan Silat Padjadjaran Nasional – Indonesia” untuk melestarikan seni bela diri pencak Margaluyu Pusat.

Demikian Sejarah Silat Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat. MAR (*)

Top