Loading
Jenis Aliran Pencak Silat DI Sulawesi Selain Silat Mancak

Jenis Aliran Pencak Silat DI Sulawesi Selain Silat Mancak

PENCAKSILAT.TV-Jenis Aliran Pencak Silat DI Sulawesi Selain Silat Mancak.

Sulawesi tereknal dengan silat Mancaknya. Seperti yang kita tahu mancak begitu disegani dalam dunia persilatan karena Mancak adalah salah satu aliran yang terkenal unik namun sangat mematikan.

Namun siapa sengka salah satu daerah yang terkenal akan kental kultur dan budayanya ia juga menganut beberapa aliaran silat diluar daerahnya. Di Sulawesi, ada beberapa aliran pencak silat yang dikenal, selain Silat Pamanca, yang berasal dari Sulawesi Selatan. Berikut ini beberapa aliran pencak silat yang ada di Sulawesi:

  • Silat Pagar Nusa: Silat Pagar Nusa adalah sebuah aliran pencak silat yang berasal dari Sulawesi Selatan. Ini adalah aliran yang didirikan pada tahun 1986.

  • Silat Perisai Diri: Silat Perisai Diri adalah sebuah aliran pencak silat yang didirikan pada tanggal 2 Juli 1955 di Surabaya, Jawa Timur. Namun, informasi tentang silat Perisai Diri di Sulawesi tidak ditemukan dalam hasil pencarian.

Selain itu, ada beberapa aliran pencak silat lain yang berasal dari Indonesia, seperti:

  • Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT): PSHT adalah sebuah aliran pencak silat yang berasal dari Indonesia. Ini adalah aliran yang didirikan tahun 1903 oleh Ki Ngabehi Soeromihardjo dan berubah nama menjadi Persaudaraan Setia Hati pada tahun 1917.

  • Pencak Silat Pagar Nusa: Pagar Nusa adalah sebuah aliran pencak silat yang dilakukan dengan tangan kosong atau tanpa senjata dan alat. Ini adalah aliran yang lebih mengutamakan pertarungan tangan kosong.

  • Pencak Silat Merpati Putih: Merpati Putih adalah sebuah aliran pencak silat yang dilakukan dengan tangan kosong atau tanpa senjata dan alat. Ini adalah aliran yang lebih mengutamakan pertarungan tangan kosong.

  • Pencak Silat Putra Kera Sakti: Putra Kera Sakti adalah sebuah aliran pencak silat yang sudah ada di kota Madiun sejak tahun 1980. Ini adalah aliran yang mengadopsi gerakan kungfu atau kuntau dan juga menggunakan jurus Baca Juga: Kuda Kuda Pencak Silat dan Teknik Dasar Lainnya.

Selain itu, ada banyak aliran pencak silat lain yang berasal dari Indonesia, seperti Pencak Silat Putra Kera Sakti, Pencak Silat Merpati Putih, Pencak Silat Perisai Diri, dan lain-lain.

Demikian Jenis Aliran Pencak Silat DI Sulawesi Selain Silat Mancak. MAR (*)

Top