Loading
Ingin Belajar Pencak Silat, Ini 9 Teknik Dasar yang Harus Kamu Ketahui

Ingin Belajar Pencak Silat, Ini 9 Teknik Dasar yang Harus Kamu Ketahui

Ingin Belajar Pencak Silat, Ini 9 Teknik Dasar yang Harus Kamu Ketahui

PENCAKSILAT.TVPencak Silat merupakan seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Secara resmi UNESCO menetapkan Pencak Silat sebagai warisan budaya tak benda Melalui siding ke-14 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage. Kata “Pencak” berarti gerakan dasar beladiri yang terikat dengan suatu peraturan, sedangkan “Silat” berarti gerakan bela diri sempurna yang bersumber dari kerohanian. Secara umum Pencak Silat dapat didefinisikan sebagai salah satu seni bela diri yang setiap gerakannya mengikuti atau terikat oleh peraturan khusus.

Pencak Silat menjadi salah satu seni bela diri yang sangat melekat bagi masyarakat Indonesia. Dibawah naungan IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) banyak Perguruan-perguruan pencak silat yang berkembang di Indonesia dengan berbagai aliran. Tak sedikit anak-anak muda yang belajar pencak silat, tidak hanya melatih bela diri tetapi juga melatih spiritual.

Ada sembilan teknik dasar yang wajib kamu ketahui sebelum belajar pencak silat. Gerakan dasar dalam pencak silat pada umumnya mengandalkan kekuatan kaki dan tangan. Apa saja 9 teknik dasar pencak silat tersebut, berikut penjelasannya.

Pertama, Teknik Kuda-kuda. Teknik dasar yang pertama dalam pencak silat adalah teknik kuda-kuda. Dalam Istilah lain kuda-kuda juga disebut dengan ancang-ancang atau bersiap-siap. Teknik kuda-kuda ini berfungsi menjaga keseimbangan tubuh untuk melakukan gerakan menyerang ataupun bertahan. Teknik kuda-kuda ini menjadi teknik dasar sebelum memulai gerakan yang lainnya. Setidaknya ada enam jenis kuda-kuda yaitu, kuda-kuda tengah, kuda-kuda depan, kuda-kuda samping, kuda-kuda belakang, kuda-kuda depan belakang dan kuda-kuda silang.

Kedua, Teknik Pasang. Setelah mampu memasang kuda-kuda dengan baik dan benar, maka selanjutnya akan mempelajari teknik pasang. Teknik pasang merupakan kombinasi antara teknik kuda-kuda, posisi kaki dan posisi tangan. Dalam teknik pasang ini memposisikan tubuh lebih fleksibel untuk melakukan gerakan menyerang maupun bertahan.

Ketiga, Teknik Pola Langkah. Teknik ini berfungsi agar gerakan yang kita lakukan tidak mudah ditebak oleh lawan. Teknik ini memiliki gerakan yang khas karena membentuk pola tertentu. Pola tersebut biasanya berupa pola langkah S, pola langkah lurus, pola langkah zig-zag, pola langkah segitiga, segi empat dan lainnya. Pola langkah yang dilakukan haruslah sesuai dengan kondisi medan dan serangan dari lawan atau juga saat melakukan pertahanan.

Keempat, Teknik Pukulan. Teknik pukulan dalam pencak silat dimaksudkan untuk melakukan serangan kepada lawan menggunakan kekuatan tangan. Teknik pukulan biasa dilakukan dengan gerakan tangan dan kaki yang saling berpadu. Kekuatan teknik pukulan berfokus pada tangan dengan posisi mengepal. Teknik pukulan memiliki beberapa jenis diantaranya yaitu pukulan lurus, pukulan tegak, pukulan melingkar dan pukulan bandul.

Kelima, Teknik Tendangan. Teknik tendangan ini merupakan salah satu teknikn dasar dalam pencak silat yang harus kamu ketahui, dimana teknik ini bertumpu pada kekuatan kaki. Gerakan menendang ke arah lawan bisa dilakukan dengan melakukan tendangan ke arah depan, belakang, dan juga samping. Terdapat empat macam teknik tendangan dalam pencak silat, yaitu: tendangan lurus, tendangan T, tendangan jejak dan tendangan belakang.

Keenam, Teknik Tangkisan. Teknik tangkisan ini sangat penting dalam ilmu pencak silat. Sebagaimana namanya teknik ini berfungsi menangkis serangan lawan dan merupakan salah satu teknik mempertahankan diri. Teknik tangkisan sendiri terdiri dari beberapa gerakan yakni tangkisan dalam, tangkisan luar, tangkisan atas dan tangkisan bawah. Teknik ini menjadi salah satu teknik dasar yang akan diajarkan sejak dini dalam pencak silat.

Ketujuh, Teknik Kuncian. Teknik kuncian menjadi salah satu teknik yang diajarkan dalam pencak silat. Teknik kuncian sangat penting untuk dikuasai karena dapat membuat lawan tidak berkutik karena tubuhnya terkunci oleh gerakan kita. Gerakan kuncian ini biasanya dilakukan dengan membidik bagian tubuh lawan yang vital seperti leher, pergelangan tangan dan dagu.

Kedelapan, Teknik Arah. Teknik arah memiliki nama lain teknik penjuru mata angin, karena dapat berubah posisi ke segala arah. Teknik ini sangat penting dipelajari dalam pencak silat, saat bertanding teknik ini digunakan untuk menentukan arah saat bertahan ataupun menyerang. Teknik arah ini berfokus pada gerakan dan kekuatan kaki dalam mengubah arah atau posisi badan.

Kesembilan, Teknik Berbaring. Teknik yang terakhir ini memiliki fungsi mengasah kemampuan seorang pesilat dalam melakukan gerakan jatuh, teknik ini merupakan salah satu cara dalam pertahanan diri. Ada tiga jenis teknik berbaring yaitu, teknik berbarung telungkup, teknik berbaring miring dan teknink berbaring telentang.

Demikian tadi Ingin Belajar Pencak Silat, Ini 9 Teknik Dasar yang Harus Kamu Ketahui. Semoga bermanfaat. ALS (*)

Top