Loading
8 Manfaat Pencak Silat, Bisa Meningkatkan Kedisiplinan dan Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Pencak Silat, Bisa Meningkatkan Kedisiplinan dan Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Pencak Silat, Bisa Meningkatkan Kedisiplinan dan Kesehatan Tubuh

PENCAKSILAT.TV – Pencak Silat merupakan salah satu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Pencak Silat berkembang sangat pesat di Indonesia. Berbagai perguruan Pencak Silat hampir ada disetiap daerah.

Pencak Silat sendiri mengandalkan beberapa gerakan pukulan dan tendangan untuk membela diri. Saat ini Pencak Silat menjadi salah satu cabang olah raga resmi yang dipertandingkan dalam beberapa event. Banyak masyarakat yang mendalami dan belajar pencak silat untuk membekali diri.

Selain untuk olah raga dan membekali diri Pencak Silat memiliki segudang manfaat yang didapatkan oleh mental dan tubuh kita. Berikut ini 8 manfaat Pencak Silat bagi diri anda, bisa meningkatkan kedisiplinan dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Pertama, Memupuk keberanian. Keberanian merupakan salah satu sifat yang perlu dimiliki setiap individu. Karena dengan keberanian maka seseorang dapat melakukan apa yang mereka mau dengan catatan bahwa hal dilakukan adalah benar. Pencak silat ini termasuk salah satu bentuk latihan olahraga yang bisa memupuk keberanian.

Alasannya dalam olahraga ini seseorang diajarka untuk bisa melindungi dirinya dari gangguan yang bisa membahayakan dirinya sendiri maupun membantu orang lain. sehingga secara tidak langsung pencak silat sangat bermanfaat untuk memupuk keberanian dalam diri seseorang.

Kedua, Menumbuhkan rasa percaya diri. Rasa percaya diri juga semakin tinggi dan terlihat menonjol dengan melakukan latihan pencak silat ini. Karena setiap individu akan diberi kesempatan untuk berlatih hingga bisa melakukan setiap gerakan yang diajarkan. Sehingga secara tidak langsung tiap orang akan lebih merasa percaya diri dengan kemampuan yang mereka miliki sendiri.

Ketiga, Menumbuhkan kedisiplinan. Berlatih pencak silat bermanfaat pula untuk menumbuhkan kedisplinan dalam diri seseorang. Setiap latihan pencak silat ini harus menyesuaikan jadwal latihan secara tepat. Sehingga setiap individu merasa memiliki tanggung jawab yang besar dan harus bisa dihandle dengan dirinya sendiri.

Keempat, Menurunkan berat badan. Pencak silat juga memberikan kemudahan bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Pada olahraga yang satu ini akan diajarkan banyak gerakan yang pastinya membutuhkan banyak kekuatan dari dalam tubuh.

Hal itu juga berpengaruh secara langsung kepada organ tubuh yang lebih berfungsi dengan baik dan mampu membakar lemak dalam tubuh itu sendiri akibat terjadinya berbagai gerakan yang dilakukan setiap anggota badan. Sehingga berat badan bisa menjadi berkurang atau turun dengan lebih cepat.

Kelima, Meningkatkan kesehatan jantung. Pencak silat diangap mampu meningkatkan sistem kardiovaskular dalam tubuh karena setiap gerakannya dapat menekankan jantung. Maka dari itu tidak heran jika kesehatan jantung dapat lebih terjaga dengan baik melalui seni bela diri ini.

Keenam, Meningkatkan prestasi. Pencak silat bermanfaat bagi individu yang ingin memperoleh prestasi, karena dengan seni bela diri tersebut setiap orang berkesempatan besat untuk mengikuti pertandingan olahraga pencak silat dan membawa keberhasilan. Bahkan dalam SEA Games secara resmi Pencak Silat menjadi olahraga yang dipertandingkan.

Ketujuh, Meningkatkan kebiasaan hidup sehat melalui olahraga pencak silat. Pencak silat bukan hanya mengajarkan masalah mental, namun juga budaya hidup yang sehat. Seperti untuk ters menerus latihan kekuatan, latihan kecepatan, latihan kelentukan, maupun keseimbangan badan. Apalagi jika sebelum melakukan pertandingan atau latihan haruspula setiap orang melakukan pemanasan statis dan pemanasan dinamis.

Kedelapan, Meningkatkan ketangguhan atau keuletan. Manfaat ini artinya yaitu dengan pencak silat seseorang bisa memiliki rasa ketangguhan maupun keuletan yang lebih tinggi. Hal ini di karenakan setiap diri individu tersebut sudah terlatih baik secara jasmani maupun dalam kerohaniannya.

Demikian tadi 8 Manfaat Pencak Silat, Bisa Meningkatkan Kedisiplinan dan Kesehatan Tubuh. Semoga bermanfaat.(*)

Top